Jadi Sumber Riboflavin yang Sangat Baik, Inilah Manfaat Buah Maja untuk Kesehatan

Jumat 02-08-2024,13:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

Buah maja memiliki manfaat untuk mengatasi sembelit. Hal ini ditunjukan melalui studi yang menunjukkan bahwa buah maja kaya akan serat. 

Kandungan serat ini dapat mengurangi keluhan sembelit atau susah buang air besar, karena bisa melembutkan feses sehingga lebih mudah dikeluarkan.

BACA JUGA:Harga Jual Hingga 60 Juta, Ini Dia Manfaat Jamur Truffle yang Perlu Diketahui

4. Mencegah asam lambung naik

Apakah kamu memiliki riwayat penyakit asam lambung. Kamu dapat menggunakan buah maja untuk mencegah asam lambung naik. 

Ekstrak biji buah maja dapat melindungi lambung dengan cara mengurangi jumlah asam lambung. Tidak hanya bijinya, ekstrak buah maja juga efektif untuk meredakan tukak lambung berkat kandungan berbagai senyawa antioksidan di dalamnya.

5. Memelihara fungsi hati

Buah maja juga memiliki manfaat untuk memelihara hati, karena kandungan antioksidan yang dimilikinya mampu meningkatkan fungsi hati. 

Selain itu, buah maja juga mampu melindungi hati dari kerusakan yang disebabkan oleh cisplatin, yaitu jenis obat kemoterapi yang digunakan untuk menangani kanker.

BACA JUGA:Dapat Meningkatkan Kesuburan Pria, Berikut Manfaat Toge yang Sayang untuk Dilewatkan

6. Mengelola diabetes

Buah maja juga mampu mengelola diabetes. Hal ini ditunjukkan dalam sebuah penelitian yang mengungkapkan bahwa ekstrak buah maja dapat meningkatkan fungsi hormon insulin, sehingga kadar gula darah dalam tubuh tetap terjaga.

7. Mengurangi risiko terkena kanker

Buah maja kaya akan antioksidan, yaitu flavonoid dan tanin. Berkat kandungan antioksidan inilah buah maja mampu mencegah kerusakan sel yang disebabkan radikal bebas. 

Penelitian lain menunjukkan buah maja memiliki sifat antikanker yang dapat mencegah pertumbuhan sel kanker.

Itulah sejumlah manfaat yang tersimpan di balik rasa manis buah maja. Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan efektivitas dan keamanan buah maja sebagai pengobatan penyakit tertentu.

Kategori :