Jadi Sumber Riboflavin yang Sangat Baik, Inilah Manfaat Buah Maja untuk Kesehatan

Jumat 02-08-2024,13:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

BENGKULUEKSPRESS.COM - Pernahkah kamu mendengar nama buah maja? Buah yang satu ini memiliki sejumlah manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. 

Buah maja atau dikenal juga dengan buah bael memiliki nama latin Aegle marmelos. Buah tropikal ini banyak tumbuh di berbagai negara Asia, termasuk Indonesia. Rasa dagingnya manis, tetapi sedikit pahit. Buah maja sekilas mirip dengan buah berenuk atau buah kawis.

Bagi kamu yang tidak mengenal betul dengan buah yang satu ini, daging buah maja bisa dimakan secara langsung atau diolah menjadi selai dan jus. 

Selain itu, ekstrak buah maja juga terkandung dalam produk suplemen untuk mengatasi gangguan kesehatan, seperti diare. Manfaat buah maja tersebut berasal dari berbagai nutrisi dan senyawa aktif di dalamnya.

BACA JUGA:Agar Hidup Selalu Sehat dan Fit, dr Zaidul Akbar Bagikan Rahasianya

Buah maja adalah sumber riboflavin yang sangat baik. Selain itu, buah ini juga mengandung vitamin A dan vitamin C yang bermanfaat bagi tubuh. Buah maja pun mengandung tanin, flavonoid, dan kumarin yang bersifat antioksidan sehingga bisa melindungi sel tubuh dari kerusakan.

Berkat beragam kandungan nutrisi yang dimiliki buah maja, buah maja dapat memberikan banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan. Berikut manfaatnya. 

1. Mengatasi infeksi kulit

Manfaat buah maja lainnya adalah mampu mengatasi infeksi kulit yang disebabkan oleh bakteri atau jamur. Hal ini dibuktikan dalam sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa minyak dari ekstrak daun buah maja dapat menghambat pertumbuhan jamur penyebab infeksi kulit, yaitu Candida.

Senyawa bersifat antibakteri dalam buah maja juga mampu mengatasi infeksi kulit yang disebabkan oleh bakteri Staphylococcus.

BACA JUGA:Sering Makan Sushi dan Shasimi, Ini Dia Risiko Kesehatan Akibat Makan Makanan Mentah yang Perlu Diketahui

2. Mengatasi diare

Mengatasi diare menjadi salah satu manfaat buah maja yang bisa di dapatkan. Buah maja mengandung senyawa kumarin yang bisa menghambat pertumbuhan salah satu bakteri penyebab diare, yaitu Shigella dysenteriae. 

Selain itu, senyawa tanin yang terkandung dalam buah maja juga mampu mengurangi peradangan di saluran pencernaan akibat diare.

3. Mengatasi sembelit

Kategori :