Penuhi Asupan Vitamin D Mulai Sekarang, Dengan Konsumsi 7 Pilihan Makanan Berikut

Rabu 31-07-2024,17:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

BENGKULUEKSPRESS.COM - Tahukah Anda, pada usia di atas 30 tahunan kita membutuhkan asupan vitamin D yang cukup. Jika tidak, hal inilah dapat menyebabkan risiko penyakit pembengkokkan tulang yang cukup tinggi seperti osteoporosis. 

Oleh karena itu, sebaiknya mulai sekarang Anda dapat memenuhi asupan vitamin D yang dapat digunakan dengan jangka waktu yang panjang bahkan hingga usia rentan. 

Ini karena vitamin D berfungsi untuk memastikan pertumbuhan sel tubuh yang sehat, menjaga sistem kekebalan tubuh bekerja secara optimal, hingga kemampuan tubuh dalam menyerap kalsium dengan baik agar kekuatan tulang tetap terjaga.

Mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin D bisa menjadi salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin D. 

Agar terhindar dari berbagai penyakit seperti osteoporosis, Anda dapat mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin D yang akan dirangkum pada ulasan di bawah ini.

BACA JUGA:Berisiko Terkena Penyakit Mematikan, Inilah Bahaya Makan Jeroan Ayam bagi Kesehatan

Berikut adalah beragam pilihan makanan yang mengandung vitamin D:

1. Olahan Jamur

Jamur dapat memproduksi vitamin D dengan bantuan paparan sinar matahari. Oleh karena itu, jamur, seperti jamur tiram, bisa menjadi salah satu pilihan bahan makanan yang dapat diolah menjadi sajian lezat dan bermanfaat dengan pengolahan yang tepat.  

Jamur menjadi pilihan bagi Anda untuk memenuhi asupan vitamin D yang tidak dapat mengonsumsi daging dan olahan makanan yang mengandung protein hewani. 

2. Tahu 

Makanan berbahan dasar kedelai ini tak disangka-sangka mengandung vitamin D yang cukup banyak. Seratus milligram tahu disebut mengandung 157 IU vitamin D.

Jumlah ini mengisi 26 persen dari total kebutuhan vitamin D harian. Dengan mengonsumsi tahu Anda dapat memenuhi kebutuhan vitamin D yang dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan. 

BACA JUGA:Sering Terjadi pada Masa kehamilan dan Proses Melahirkan, Simak 5 Penyebab Umum Ambeien pada Wanita

3. Kuning telur

Kategori :