Jadi Salah Satu Penyebab Masalah Lingkungan, Ini Alasan Masyarakat Indonesia Suka Buang Sampah Sembarangan

Rabu 31-07-2024,11:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

7. Kurangnya Pemahaman Terkait Akibat Sampah yang Tidak Dikelola

Ada banyak alasan yang membuat orang memilih untuk membuang sampah tidak pada tempatnya. Kurangnya pemahaman dari dampak sampah yang tidak dikelola membuat masyarakat acuh tak acuh saat membuang sampah. 

Banyak masyarakat yang tidak mengetahui bahwa berbagai tindakan membuang sampah sembarangan berdampak negatif terhadap lingkungan. Akibatnya, masyarakat terus membuang sampah sembarangan tanpa memikirkan dampak lingkungan yang ditimbulkannya. 

BACA JUGA:Hati-hati! Kenali Bahaya Tisu Basah bagi Kulit Bayi

Nah, itulah beberapa alasan mengapa masih banyak orang yang membuang sampah sembarangan. Biasanya, mereka yang masih mengabaikan pengelolaan sampah di lingkungannya ini karena tidak terdampak langsung dari situasi penimbunan sampah seperti banjir, bau yang menyengat, atau paparan kuman/ bakteri dari sampah yang berpotensi menjadi bibit penyakit orang di sekitarnya.

Bagaimana menurutmu? Membuang sampah bukanah hal yang sulit untuk dilakukan. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengolah sampah saah satunya dengan mendaur ulang menjadi pupuk, gas alami, dan barang barang aksesoris dari bahan yang sulit terurai seperti plastik. 

Kategori :