Jadi Salah Satu Penyebab Masalah Lingkungan, Ini Alasan Masyarakat Indonesia Suka Buang Sampah Sembarangan

Rabu 31-07-2024,11:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

Alasan sebagian orang enggan buang sampah pada tempatnya adalah membuang sampah semisal di sungai sudah menjadi kebiasaan yang sudah dilakukan bertahun-tahun. 

Nah, kebiasaan ini menjadikan pola pikir yang dapat berpengaruh pada generasi selanjutnya di mana ketika membuang sampah sembarangan menjadi hal yang biasa dan sudah dinormalisasikan oleh sebagian masyarakat. 

BACA JUGA:Begini Tips Cara Awet Muda yang Sederhana dan Mudah Dilakukan

Sehingga, pola pikir ini ini semakin sulit untuk diubah karena manusia mudah terpengaruh orang-orang dan lingkungan sekitar, jika di sekitarnya sering membuang sampah sembarangan, maka orang cenderung akan mengikuti perilaku tersebut.

4. Hukuman atau Denda yang Tidak Efektif

Sudah dijelaskan sebelumnnya jika Indonesia telah mengatur bagaimana kita harus mengurus sampah setidaknya untuk tidak membuangnya secara sembarangan, nyatanya hukuman atau denda yang berlaku di tiap kabupaten/kota dirasa masih kurang efektif di beberapa area, misalnya aturan jam membuang sampah hanya efektif pada area yang mempunyai CCTV (Closed Circuit Television). 

Namun, di beberapa tempat seperti trotoar, orang masih bebas membuang sampah sembarangan karena hukuman atau denda yang masih tidak efektif untuk menertibkan setiap orang yang membuang sampah sembarangan.

BACA JUGA:5 Olahraga Bersama Bayi yang Bisa Dilakukan di Rumah

5. Rasa Malas 

Rasa malas telah melahirkan budaya membuang sampah sembarangan. Biasanya, orang menjadi terlalu malas dan tidak mau membuang sampah pada tempatnya. 

Kita sering melihat orang yang tinggal di dekat sungai dengan mudahnya membuang sampah ke sungai tersebut daripada mengelolanya pada tempat yang tepat.

6. Kurangnya Tempat Sampah

Selain rasa malas, salah satu faktor mengapa orang malas membuang sampah pada tempatnya ialah kurangnya fasilitas tempat sampah. Sehingga ketika berada di tempat umum, seringkali kita melihat orang membuang sampah sembarangan hanya karena tidak ada tempat sampah di dekatnya. 

Daripada tidak nyaman membawa sampah, orang memutuskan lebih mudah untuk meninggalkannya. Di beberapa tempat, misalnya saat festival kerap kali sulit untuk menemukan tempat sampah sehingga orang dengan mudahnya membuang sampah di tengah keramaian. 

BACA JUGA:Ini Dia Tanda Bayi Mengalami Stimulasi Berlebihan

Selain itu, ada tempat yang memiliki tempat sampah, namun tidak dikelola dengan baik sehingga kontainer kelebihan muatan dan akhirnya berserakan karena ditiup angin atau karena diaduk-aduk hewan liar.

Kategori :