Mabuk Durian Bikin Kapok? Ini Dia 5 Cara Ampuh Mengatasinya

Selasa 30-07-2024,13:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

BENGKULUEKSPRESS.COM - Apakah kamu penyuka durian? Buah dengan aroma menyengat ini banyak ditemukan di negara tropis, termasuk Indonesia. Sebagian orang yang suka durian menganggap buah ini ‘memabukkan’ karena rasa yang lezat, bikin ketagihan, dan efek konsumsi yang menimbulkan begah. 

Untuk mengatasi hal tersebut ada beberapa cara ampuh yang bisa Anda lakukan. Bagaimana cara mengatasinya? Yuk, simak pada ulasan di bawah ini. 

Mabuk durian adalah istilah yang digunakan untuk merujuk pada rasa tidak nyaman di perut setelah mengonsumsi buah durian secara berlebihan.

Jadi, kata ‘mabuk’ bukan berarti buah durian mengandung alkohol yang dapat memabukkan. Ciri-ciri mabuk durian meliputi perut kembung, begah, mual, hingga pusing. 

BACA JUGA:Dapat Meningkatkan Kesuburan Pria, Berikut Manfaat Toge yang Sayang untuk Dilewatkan

Beberapa orang juga mengeluhkan tubuh menjadi panas setelah mengonsumsi durian terlalu banyak. Gejala ini diduga berkaitan dengan kandungan gula di dalam durian.

Durian mengandung gula alami yakni sukrosa dan fruktosa. Jika makan durian terlalu banyak, tubuh akan mendapatkan asupan gula berlebih. 

Asupan gula berlebih ini tidak bisa dipecah oleh tubuh sehingga akan menumpuk di usus. Di dalam usus, gula akan mengalami fermentasi dan menghasilkan banyak gas. Hal inilah yang menyebabkan perut kembung dan begah.

Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa mencoba beberapa cara berikut.

1. Minum banyak air

Salah satu cara yang paling umum dilakukan adalah dengan minum banyak air putih. Minum air putih bisa menjadi cara tepat untuk menetralkan suhu tubuh yang panas setelah makan durian berlebihan.

BACA JUGA:Inilah 7 Manfaat Klorofil untuk Kesehatan, Dapat Kurangi Bau Badan dan Jerawat

Selain itu, minum air putih dapat membantu melancarkan pencernaan dan mengatasi perut kembung. Anda juga bisa mencoba cara tradisional dengan minum air yang dituangkan di cekungan kulit bagian dalam durian. 

Meminum air rendaman kulit buah durian dapat membantu menurunkan suhu tubuh dengan cepat.

2. Teh jahe

Kategori :