Pemkab Mukomuko Siagakan 928 Tenaga Linmas untuk Pengamanan Pilkada 2024

Senin 29-07-2024,12:04 WIB
Reporter : Endi
Editor : Rajman Azhar

BENGKULUEKSPRESS.COM - Dalam rangka memastikan kelancaran dan keamanan proses pemungutan suara pada Pilkada 2024. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mukomuko telah menyiagakan 928 tenaga Perlindungan Masyarakat (Linmas) untuk membantu pengamanan di Tempat Pemungutan Suara (TPS). 

Langkah ini mencerminkan komitmen Pemkab Mukomuko dalam menjamin keamanan dan ketertiban selama pelaksanaan Pilkada, memberikan rasa aman kepada masyarakat dalam menyalurkan hak pilihnya.

Kepala Dinas Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP) Kabupaten Mukomuko, Jodi, S.Pd, S.IP, mengungkapkan bahwa tenaga Linmas tersebut akan berperan penting dalam mendukung tugas kepolisian pada hari pencoblosan. 

BACA JUGA:Kapolres Mukomuko Tegas: Stop Bakar Lahan Gambut, Cegah Kebakaran di Musim Kemarau

"Sejumlah 928 tenaga Linmas di desa dan kelurahan disiagakan untuk membantu pengamanan di TPS Pilkada," kata Jodi, di Mukomuko, Minggu, 28 Juli 2024. 

Selain tenaga Linmas dari desa dan kelurahan, juga akan ada Linmas ad hoc yang dibiayai oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Jodi menjelaskan bahwa perekrutan tenaga Linmas ad hoc dilakukan apabila tenaga Linmas desa dan kelurahan tidak mencukupi dan diperlukan tambahan tenaga pengamanan di TPS. 

"Perekrutan Linmas ad hoc ini dilakukan oleh KPU berkoordinasi dengan kepala desa, karena tenaga Linmas ini lebih cenderung memberdayakan warga dari masing-masing desa," jelasnya.

Pentingnya koordinasi dengan KPU Mukomuko juga ditekankan oleh Jodi terkait kebutuhan Linmas untuk pengamanan Pilkada. 

"Berapa tenaga Linmas yang dibutuhkan untuk pengamanan Pilkada, perlu berkoordinasi terlebih dahulu dengan pihak KPU. Kami yakin dengan jumlah Linmas desa dan kelurahan yang ada sekarang ini, kekurangan tidaklah begitu banyak. Harapan kita, sebelum pencoblosan nanti, Linmas ad hoc sudah terbentuk dan mereka bisa terlebih dulu diberi pembekalan tugas pengamanan," tambah Jodi.

BACA JUGA:Proyek Mall Pelayanan Publik Mukomuko Ditunda: Anggaran Rp3,6 Miliar Direalisasikan pada 2025

Sebagai bagian dari persiapan, Pemkab Mukomuko juga akan mengirimkan 300 Linmas untuk mengikuti apel siaga di ibu kota Provinsi Bengkulu. 

"Apel siaga Linmas ini difokuskan untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) Linmas dalam memahami tugas pokok dan fungsi (Tupoksi). Kami akan mengirim 300 orang Linmas dari daerah ini ke Provinsi Bengkulu untuk penguatan tugas pokok dan fungsi Linmas, sekaligus menerima perlengkapan tugas dari pemerintah provinsi," lanjut Jodi.

Selanjutnya, kata Jodi, dengan persiapan yang matang ini, diharapkan pengamanan Pilkada 2024 di Kabupaten Mukomuko dapat berjalan dengan lancar dan aman. 

"Langkah ini akan memberikan rasa aman kepada masyarakat dalam menyalurkan hak pilihnya, serta memastikan bahwa proses demokrasi berjalan dengan tertib dan sesuai dengan peraturan yang berlaku," pungkas Jodi. (end)

Kategori :