Mengenai Anjuran Rasulullah Kepada Para Umatnya Agar Segera Menikah, Berikut Penjelasa Ustaz Khalid Basalamah

Jumat 26-07-2024,05:00 WIB
Reporter : Ari Apriko
Editor : Ari Apriko

BENGKULUEKSPRESS.COM- Pernikahan adalah topik yang sering diidam-idamkan oleh generasi milenial dan kadang menjadi hal yang sensitif bagi mereka yang belum menikah.

Walaupun pernikahan adalah salah satu ibadah terpanjang yang dilakukan manusia sepanjang hidupnya, menikah juga merupakan sunnah Nabi yang dianjurkan untuk diikuti oleh umat Islam.

Selain membawa berkah dan kebahagiaan, pernikahan juga dianjurkan dalam Islam untuk menghidupkan sunnah sebagai umat Rasulullah.

BACA JUGA:Amalan Utama Bulan Muharram, Ustaz Khalid Basalamah Jelaskan Hikmahnya

BACA JUGA:Ingin Mengusir Jin Khodam yang Melekat dalam Tubuh, Ustaz Khalid Basalamah Bagikan Doa dan Amalannya

Terkait dengan hal tersebut pernah dijelaskan Ustaz Khalid Basalamah dalam suatu ceramah yang videonya diunggah oleh kanal Youtube Khalid Basalamah Official.

Dalam suatu hadits, Rasulullah SAW bersabda yang artinya:

"Menikah itu termasuk dari sunnahku, siapa yang tidak mengamalkan sunnahku, maka ia tidak mengikuti jalanku. Menikahlah, karena sungguh aku membanggakan kalian atas umat-umat yang lainnya, siapa yang mempunyai kekayaan, maka menikahlah, dan siapa yang tidak mampu maka hendaklah ia berpuasa, karena sungguh puasa itu tameng baginya,".

Ustaz Khalid Basalamah menyatakan bahwa para ulama, termasuk dirinya, telah sering membahas topik ini dalam berbagai kajian.

Selain itu, banyak nasihat dan wasiat yang disampaikan kepada umat Islam mengenai pentingnya menikah untuk menghidupkan sunnah Nabi.

Rasulullah juga menganjurkan agar umat Muslim menyederhanakan pernikahan mereka dan segera menikah jika sudah siap, agar tidak terlalu lama berada dalam status lajang.

BACA JUGA:Bisakah Uang Haram, Hasil Judi atau Riba Dibersihkan, Berikut Penjelasan Ustaz Khalid Basalamah

BACA JUGA:Mana yang Lebih Utama, Kurban Sapi Tapi Patungan Atau 1 Kambing, Ini Kata Ustaz Khalid Basalamah

Kemudian dalam hadits lain dijelaskan:

"Seandainya aku tahu bahwa ajalku tinggal 10 hari lagi, niscaya aku ingin pada malam-malam yang tersisa tersebut seorang istri tidak berpisah dariku,".

Kategori :