Selain Jepang, Pemprov Bengkulu Siapkan Program Kerja Sambil Kuliah di Jerman

Kamis 25-07-2024,17:27 WIB
Reporter : Tri Yulianti
Editor : Rajman Azhar

BENGKULUEKSPRESS.COM - Pemerintah Provinsi Bengkulu dalam waktu dekat akan mengirimkan siswa-siswa SMA/SMK di Bengkulu untuk mengikuti program kerja dan kuliah di Jerman.

Disampaikan Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, program kerja dan kuliah di Jerman ini telah digagas sejak tahun 2018 lalu dan kini mulai diberangkatkan lagi. 

Kata Rohidin, program ini menawarkan kesempatan bagi anak-anak di Provinsi Bengkulu untuk melanjutkan pendidikan diploma sambil bekerja di Jerman.

"Ini merupakan sebuah peluang yang dinilai sangat baik. Namun, keberhasilan program ini menuntut keseriusan dalam penguasaan bahasa Jerman," kata Rohidin, Kamis (25/7/2024)

Peserta program ini diberi pelatihan intensif bahasa Jerman selama enam bulan sebelum diberangkatkan. Setelah itu, mereka bisa kuliah diploma sambil bekerja, sehingga mendapatkan penghasilan yang cukup untuk menunjang kehidupan sehari-hari. 

BACA JUGA:Ketua OSIS di Bengkulu Terima Beasiswa Kuliah Program Leadership Gubernur Bengkulu

Rohidin juga mengungkapkan, beberapa peserta bahkan telah menetap di Jerman selama 4-5 tahun, dan setelah lulus, mereka tetap melanjutkan karier di sana.

"Untuk yang ini, jumlah peserta memang belum terlalu banyak. Beberapa tahun lalu hanya sekitar 20 orang, mungkin tahun ini mencapai sekitar 40 orang," sambung Gubernur Bengkulu ini

Tak hanya bekerja sama dengan Jerman, program serupa juga akan diperluas ke Jepang. Rencananya, tahun depan akan ada 150 siswa SMK yang diberangkatkan untuk menjalani program serupa di Negeri Sakura.

Program ini diharapkan menjadi pembuka jalan bagi anak-anak Indonesia yang memiliki kemampuan dan kesiapan untuk belajar serta bekerja di luar negeri. 

BACA JUGA:Kota Bengkulu Butuh Penambahan CCTV, Diskominfo Harap Usulan Terealisasi

"Jika ada kemampuan dan kesiapan untuk belajar, maka hal itu harus dikejar," tambahnya.

Terakhir, Rohidin berpesan agar program ini diharapkan dapat memberikan inspirasi bagi generasi muda Indonesia untuk terus mengembangkan diri dan meraih kesempatan belajar serta bekerja di kancah internasional. (tri)

Kategori :