Inilah 8 Manfaat Minyak Sereh bagi Kesehatan

Jumat 26-07-2024,11:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

Efek perlindungan minyak sereh terhadap nyamuk pun cenderung lebih terasa saat dioleskan langsung ke kulit, bukan digunakan sebagai aromaterapi.

BACA JUGA:Kapan Waktu Terbaik untuk Makan, Apakah Harus 3 Kali Sehari, Berikut Penjelasan dr Zaidul Akbar

3. Mengatasi sariawan

Minyak sereh memiliki sifat antijamur yang dapat menghambat pertumbuhan jamur, termasuk jamur penyebab sariawan di mulut, yaitu Candida albicans. 

Cara mendapatkan manfaat minyak sereh untuk obat sariawan tergolong mudah, Anda hanya perlu menjadikannya sebagai obat kumur alami. 

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa minyak sereh dan minyak kayu manis cukup efektif dalam menghambat pertumbuhan jamur yang ada di mulut. 

Namun, untuk memaksimalkan manfaatnya dalam mengatasi sariawan di mulut, Anda perlu menggunakan minyak sereh sebagai obat kumur setiap hari. 

BACA JUGA:Sering Dijadikan Sajian Lezat, Ini Dia 7 Manfaat Daun Singkong untuk Ibu Hamil

4. Mempercepat proses penyembuhan luka

Berkat sifat antijamur dan antiradang di dalamnya, minyak sereh mampu mempercepat penyembuhan luka ringan. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, Anda bisa mengoleskan minyak sereh yang telah diencerkan dengan carrier oil ke kulit secara langsung.

Suatu penelitian juga menunjukkan bahwa minyak alami ini bisa digunakan untuk mempercepat menyembuhkan luka diabetes. Namun, diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan manfaat minyak sereh dalam menyembuhkan luka.

5. Menurunkan Gula Darah dan Lipid

Menurut penelitian, minyak ini mampu mengurangi gula darah pada penderita diabetes tipe 2. Kandungan seperti citral, yang merupakan senyawa utama didalamnya memiliki potensi efek antihiperglikemik (menurunkan kadar gula darah yang tinggi) dan efek hipolipidemik (menurunkan kadar lipid dalam darah). 

Namun perlu dicatat bahwa efeknya terhadap kadar gula darah dan lipid dapat bervariasi tergantung pada faktor-faktor seperti dosis, durasi penggunaan, dan kondisi kesehatan individu.

BACA JUGA:Sering Dijadikan Sajian Lezat, Ini Dia 7 Manfaat Daun Singkong untuk Ibu Hamil

6. Menurunkan berat badan

Kategori :