Simak 9 Ciri Lidah yang Tak Sehat yang Perlu Diwaspadai

Rabu 24-07-2024,18:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

7. Terasa halus

Waspadai juga kondisi glositis atau peradangan pada lidah. Kondisi ini biasanya ditandai dengan permukaan lidah yang lebih halus dari biasanya.

Penelitian juga menunjukkan, glositis terkadang menjadi gejala dari penyakit Celiac, gangguan autoimun yang menyerang usus halus. Celiac biasanya ditandai juga dengan sakit perut, sembelit, dan diare.

8. Muncul 'bulu'

Bulu bisa muncul pada sisi lidah. Kondisi ini dikenal dengan sebutan leukoplakia bulu.

Pada umumnya, kondisi ini bisa hilang dengan sendiri. Namun dalam beberapa kasus, leukoplakia juga bisa disebabkan oleh virus Epstein-Barr, HIV/AIDS, dan sistem kekebalan tubuh yang lemah.

BACA JUGA:Begini Cara Ampuh Menghilangkan Daki dengan Bahan Alami

9. Nyeri

Selain sariawan, rasa nyeri pada lidah juga bisa disebabkan oleh diabetes. Stres juga bisa menimbulkan rasa nyeri pada lidah. Coba berkumur dengan air garam hangat untuk meredakan nyeri pada lidah.

Selain itu, rasa sakit, sensasi terbakar, atau ketidaknyamanan pada lidah bisa disebabkan oleh berbagai kondisi, termasuk luka bakar lidah, sariawan, atau infeksi yang menjadi ciri lidah tidak sehat. 

Jika Anda mengalami salah satu dari gejala ini atau memiliki kekhawatiran tentang kesehatan lidah Anda, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter atau dokter gigi untuk evaluasi lebih lanjut.

Mereka dapat membantu menentukan penyebabnya dan meresepkan perawatan yang sesuai untuk mengembalikan kesehatan lidah Anda.

Kategori :