Simak 9 Ciri Lidah yang Tak Sehat yang Perlu Diwaspadai

Rabu 24-07-2024,18:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

BENGKULUEKSPRESS.COM - Salah satu bagian tubuh yang dapat mendeteksi masalah kesehatan adalah lidah. Selain membantu proses mengunyah dan mencecap rasa, lidah juga bisa menjadi indikasi kondisi kesehatan. 

Lidah yang tidak sehat dapat menunjukkan beberapa tanda dan gejala yang perlu diperhatikan. Lantas, apa saja ciri-ciri lidah yang tidak sehat? Mari, simak pada ulasan di bawah ini. 

Warna lidah yang normal adalah merah muda, ciri lain dari lidah yang sehat adalah adanya papila atau tonjolan-tonjolan yang berukuran kecil. Ini merupakan nodul kecil yang membantu Anda dalam mencicipi suatu rasa.

Jika lidah menunjukkan terjadinya perubahan warna, sebaiknya Anda perlu waspada. Bisa jadi, kesehatan Anda sedang terganggu. Oleh karena itu, kenali sejumlah ciri lidah yang tidak sehat berikut ini. 

BACA JUGA:Buat Para Orangtua! Begini Tips Membuat Anak Cerdas

1. Berwarna merah

Salah satu ciri yang bisa diperhatikan adalah lidah yang memiliki warna merah mengkilap. Jika lidah tampak merah atau mengkilap, maka bisa jadi Anda kekurangan asam folat atau vitamin B12.

Kekurangan asam folat sendiri biasanya disertai dengan gejala perubahan warna kulit dan gangguan penglihatan. Tapi, jangan terlalu panik. Perubahan warna juga bisa disebabkan oleh suhu panas makanan yang membakar mulut.

2. Hitam

Selain warna merah, memiliki lidah yang berwarna hitam memang sesuatu yang tak sedap dipandang mata. Penumpukan keratin dapat menyebabkan warna lidah menjadi hitam. 

Keratin adalah protein yang terdapat pada kulit, rambut, dan kuku. Penumpukkan ini berasal dari kebersihan mulut yang kurang baik, konsumsi obat-obatan tertentu, penggunaan tembakau, atau terapi radiasi. 

BACA JUGA:Inilah Kegunaan Rambut Palsu dan Tips Cara Merawatnya

Dalam kasus yang jarang terjadi, lidah yang berwarna hitam bisa menjadi pertanda kondisi kesehatan yang serius, seperti diabetes atau HIV.

3. Bercak putih

Pertumbuhan berlebih dari jamur Candida albicans bisa menyebabkan sariawan. Infeksi jamur ini akan tampak seperti lapisan atau bercak putih tebal pada lidah.

Kategori :