Penting Diketahui, 5 Makanan Ini yang Bisa Menghambat Penyerapan Kalsium Dalam Tubuh

Rabu 24-07-2024,14:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

3. Makanan tinggi serat

Makanan berserat sangat baik untuk sistem pencernaan, tapi bisa juga mengganggu penyerapan kalsium di dalam tubuh.

Gandum, apel, atau kacang-kacangan memiliki serat yang tinggi yang bisa mengganggu penyerapan kalsium dari makanan lain yang Anda konsumsi. Walaupun begitu, Anda tetap harus makan sehat sekaligus terpenuhi kebutuhan kalsiumnya.

BACA JUGA:Ampuh Atasi Diabetes dan Turunkan Gula Darah, dr Zaidul Akbar Cukup Pakai Apel dan Mentimun

Jangan khawatir, Anda bisa mendapatkan manfaat keduanya asal tidak dimakan secara bersamaan. Misalnya, Anda lebih dulu minum susu, selang beberapa jam barulah Anda makan roti gandum, pasta, atau buah apel.

4. Makanan yang mengandung phytates

Selain asam oksalat, zat lain yang bisa menghambat tubuh dalam menyerap kalsium adalah phytates. Zat ini mengikat kalsium di usus sehingga tidak masuk ke dalam aliran darah.

Makanan seperti oat, jagung, gandum hitam, kentang, brokoli, dan stroberi memiliki kandungan phytates.

Namun, jika makanan tersebut dimasak terlebih dahulu, kadar phytate dapat menurun sehingga risiko terhambatnya kalsium menjadi lebih kecil.

Jadi, kentang yang direbus terlebih dahulu atau oat yang diseduh atau dimasak lebih aman bagi proses penyerapan kalsium dalam tubuh.

BACA JUGA:Tak Hanya Buahnya, Intip Ragam Manfaat Kulit Melinjo untuk Kesehatan

5. Makanan tinggi fosfor

Fosfor dalam jumlah besar dapat mengganggu penyerapan kalsium. Makanan tinggi fosfor meliputi minuman berkarbonasi (soda), daging olahan, dan beberapa jenis makanan cepat saji.

Mengonsumsi makanan yang tinggi fosfor bisa menguras kalsium di dalam tubuh. Ini mengakibatkan kondisi hiperkalsiuria yang dapat menipiskan tulang sehingga rentan dengan patah tulang dan osteoporosis.

Untuk memastikan penyerapan kalsium yang optimal, penting untuk mengonsumsi makanan kaya kalsium seperti produk susu, sayuran hijau, dan ikan berlemak, sambil membatasi konsumsi makanan dan minuman yang dapat mengganggu. 

Kategori :