Penting Diketahui, 5 Makanan Ini yang Bisa Menghambat Penyerapan Kalsium Dalam Tubuh

Rabu 24-07-2024,14:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

BENGKULUEKSPRESS.COM - Kalsium adalah mineral penting yang diperlukan untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi, serta mendukung fungsi otot dan saraf.

Meskipun banyak orang mengonsumsi makanan yang kaya akan kalsium, ada beberapa faktor yang dapat menghalangi penyerapan mineral ini dalam tubuh. 

Mengetahui jenis makanan dan minuman yang dapat mengganggu penyerapan kalsium sangat penting untuk memastikan tubuh mendapatkan jumlah kalsium yang dibutuhkan. 

Artikel ini akan membahas berbagai makanan dan minuman yang dapat mempengaruhi penyerapan kalsium dalam tubuh dan bagaimana cara mengelolanya untuk menjaga kesehatan tulang yang optimal.

Ada beberapa makanan yang bisa menghambat proses penyerapan kalsium pada makanan. Berikut diantaranya: 

BACA JUGA:Ini Dia 8 Manfaat Sari Kacang Hijau yang Sayang Dilewatkan

1. Makanan tinggi oksalat

Oksalat dapat mengikat kalsium di usus dan menghalangi penyerapannya. Makanan yang tinggi oksalat meliputi bayam, bit, daun bit, ubi jalar, kacang-kacangan, dan cokelat.

Asam oksalat dapat mengikat kalsium sehingga kalsium tidak bisa diserap dalam jumlah besar oleh tubuh. Selain bayam, sayuran yang berwarna hijau gelap juga memiliki asam oksalat di dalamnya. 

Bila Anda makan bayam, penyerapan kalsium terjadi tidak dengan baik; hanya sebagian saja. Supaya Anda bisa mendapatkan kalsium dari bayam dan sayuran hijau dengan maksimal, perlu tambahan vitamin C, misalnya dari buah jeruk. 

Vitamin ini membantu tubuh untuk menyerap kalsium lebih baik. Jadi, jangan takut untuk tetap makan bayam yang banyak, ya!

BACA JUGA:Baik untuk Kesehatan Jantung, Ketahui Beragam Manfaat Brokoli yang Sayang Dilewatkan

2. Minuman berkafein 

Kafein dapat meningkatkan ekskresi kalsium melalui urin, yang dapat mengurangi jumlah kalsium yang tersedia untuk diserap oleh tubuh. Minuman berkafein meliputi kopi, teh, dan minuman berenergi.

Oleh karena itu, Anda direkomendasikan untuk mengurangi asupan kafein baik dari makanan maupun minuman secara perlahan. Bisa juga dengan menambahkan susu yang kaya akan kalsium, agar kalsium yang hilang bisa digantikan.

Kategori :