Waspada Gangguan Autoimun, Ini Dia 10 Penyebab Biduran yang Perlu Diketahui

Selasa 23-07-2024,19:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

BENGKULUEKSPRESS.COM - Biduran menjadi salah satu permasalahan kulit yang perlu diketahui sejumlah penyebabanya. Salah satu gejala biduran bisa ditandai dengan bentol merah yang melebar dan menyebar pada kulit. 

Biduran terjadi bukan tanpa sebab. Lantas, apa saja penyebab biduran? Untuk itu, simak artikel berikut untuk mengetahui sejumlah penyebab biduran yang penting untuk diketahui. 

Penyebab biduran pada umumnya adalah reaksi alergi terhadap beberapa pemicu, seperti bulu hewan, serbuk sari, atau pakaian berbahan lateks. 

Biduran juga bisa disebabkan oleh infeksi patogen (virus, bakteri, dan jamur), diabetes, penyakit ginjal kronis, penyakit autoimun, dan stres. 

Berikut adalah beberapa penyebab biduran yang umum diketahui. 

BACA JUGA:Ternyata Alpukat Bisa Menurunkan Kolesterol, dr Zaidul Akbar Bagikan Caranya

1. Alergi makanan

Tidak sedikit orang yang mengalami biduran diakibatkan alergi makanan. Alergi makanan menjadi salah satu penyebab biduran paling umum adalah alergi makanan karena reaksi sistem kekebalan yang terjadi segera setelah makan makanan tertentu. 

Pada beberapa orang, alergi makanan dapat menyebabkan gejala yang parah atau bahkan reaksi yang mengancam jiwa yang dikenal sebagai syok anafilaksis.

Kacang, cokelat, atau seafood termasuk makanan penyebab biduran yang paling umum. Selain itu, biduran dapat dipicu oleh bahan makanan tambahan, seperti pewarna buatan dan pengawet. 

Jika Anda memiliki riwayat alergi makanan, sebaiknya hindari makanan pemicu alergi atau alergen. Bila sudah terlanjur terkena biduran, segera konsultasikan pada dokter untuk mendapatkan resep obat.

BACA JUGA:Waspada Sebabkan Kematian, Inilah Bahaya Konsumsi Kecubung

2. Udara dingin

Munculnya bentol-bentol atau biduran juga bisa disebabkan oleh paparan udara dingin. Kondisi ini disebut dengan urtikaria dingin. 

Urtikaria dingin muncul setelah kulit terpapar penurunan suhu udara atau air dingin secara tiba-tiba. Kondisi lembab dan berangin juga dapat memunculkan biduran di kulit. 

Kategori :