Digunakan dalam Pengobatan Tradisional Tiongkok, Intip Manfaat Jamur Enoki Berikut

Selasa 23-07-2024,18:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

Hal ini karena kandungan  nutrisi jamur enoki untuk menurunkan risiko kanker. Jamur enoki diduga dapat menghambat pertumbuhan sel kanker payudara. 

Walaupun demikian, diperlukan penelitian lebih lanjut untuk melihat manfaat jamur enoki untuk mencegah perkembangan kanker pada manusia. 

BACA JUGA:Terkenal Karena Terbuat dari Scoby, Simak Manfaat Konsumsi Teh Kombucha untuk Tubuh

4. Membantu menjaga kesehatan jantung

Sudah bukan rahasia umum lagi, jamur memiliki manfaat yang baik untuk para penderita penyakit kardiovaskular. Tingginya serat pada jamur, termasuk enoki, membantu proses metabolisme dan mampu menyerap kolesterol lebih banyak. 

Selain itu, ada penelitian yang menemukan bahwa jamur enoki mengandung senyawa polisakarida dan mikosterol yang mempunyai efek menurunkan kolesterol.

Hal tersebut juga dibuktikan melalui uji coba menggunakan hamster yang mengonsumsi ekstrak jamur enoki. Dari uji coba tersebut terlihat bahwa hamster tersebut memiliki kadar kolesterol, trigliserida, dan kolesterol LDL yang lebih rendah. 

Ketiga komponen tersebut merupakan faktor yang dapat meningkatkan risiko jantung. Maka itu, dapat disimpulkan bahwa konsumsi jamur enoki punya manfaat penting untuk kesehatan jantung Anda. 

BACA JUGA:Cepat Lapar Meski Habis Makan, Ini Dia 7 Penyebab yang Perlu Diketahui

5. Melindungi tubuh dari radikal bebas

Antioksidan pada jamur enoki merupakan senyawa yang dapat membantu menetralkan radikal bebas agar Anda terlindungi dari penyakit kronis. 

Di dalam jamur enoki, terdapat quercetin, catechin, asam galat, dan asam caffeic sebagai antioksidan.

Itulah sejumlah manfaat jamur enoki yang dapat Anda ketahui. Dengan mengetahui sejumlah manfaat jamur enoki untuk kesehatan, Anda bisa menjadikan jamur yang satu ini sebagai sajian makanan sehari-hari. 

Kategori :