Digunakan dalam Pengobatan Tradisional Tiongkok, Intip Manfaat Jamur Enoki Berikut

Selasa 23-07-2024,18:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

BENGKULUEKSPRESS.COM - Jamur enoki menjadi salah satu jenis sayuran yang banyak dikonsumsi untuk bahan campuran pada masakan. Jamur enoki atau (Flammulina velutipes) merupakan salah satu jenis jamur yang sering digunakan dalam pengobatan tradisional dari Tiongkok. 

Jamur yang  mirip dengan tauge putih ini, memiliki banyak manfaat yang dapat diperoleh untuk kesehatan Anda. Apa saja yang manfaatyang ditawarkan jamur enoki ini. Mari simak pada ulasan di bawah ini. 

Jamur enoki adalah jenis jamur yang tumbuh pada musim dingin, tepatnya di dekat pohon berdaun jarum. Tidak hanya tumbuh di pepohonan, banyak petani asal Jepang yang membudidayakan jamur enoki dari pohon yang sudah gugur, seperti plum, maple, dan pohon birch. 

Jamur yang biasanya berwarna putih ini mengandung segudang nutrisi yang penting dan membuat masakan Anda lebih bergizi. Berikut ini adalah manfaat jamur enoki untuk kesehatan. 

BACA JUGA:Ternyata Alpukat Bisa Menurunkan Kolesterol, dr Zaidul Akbar Bagikan Caranya

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Jamur enoki memiliki manfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Jamur enoki juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh melalui kandungan protein yang dimilikinya. 

Protein tersebut digunakan sebagai salah satu komponen yang berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh makhluk hidup. 

Hal tersebut juga dibuktikan melalui sebuah penelitian yang melibatkan tikus percobaan yang fungsi imunnya meningkat ketika diberikan jamur enoki. 

2. Baik untuk pencernaan

Jamur enoki baik untuk pencernaan, Ini karena serat yang terkandung di dalam enoki membantu melembutkan feses sehingga lebih mudah untuk melewati usus.

BACA JUGA:Baik untuk Kesehatan Jantung, Ketahui Beragam Manfaat Brokoli yang Sayang Dilewatkan

Selain itu, serat membantu membuat seseorang kenyang lebih lama. Oleh karena itu, keinginan untuk sering-sering makan bisa berkurang sehingga berat badan tetap terjaga.

3. Membantu mencegah kanker

Salah satu manfaat yang bisa Anda dapatkan dari jamur enoki ini adalah kandungan vitamin dan nutrisinya yang mampu mencegah tumbuhnya sel kanker. 

Kategori :