Sering Dijadikan Sajian Lezat, Ini Dia 7 Manfaat Daun Singkong untuk Ibu Hamil

Selasa 23-07-2024,14:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

BENGKULUEKSPRESS.COM - Siapa yang suka mengonsumsi daun singkong? Tahukah kamu, daun singkong untuk ibu hamil memiliki manfaat yang luar biasa. 

Hal ini karena daun singkong padat nutrisi yang baik untuk kesehatan ibu hamil dan janin. Selain bisa menambah selera makan, mengonsumsi daun singkong saat hamil juga bisa mencegah dan mengatasi sembelit.

Daun singkong untuk ibu hamil bisa dikonsumsi sejak awal kehamilan. Sama seperti sayur jenis lainnya, daun singkong mengandung serat yang baik untuk pencernaan, serta mencegah dan mengatasi sembelit pada ibu hamil.

BACA JUGA:Benarkah Minum Kopi Bagus untuk Kesehatan? Ini Kata dr Zaidul Akbar

Tidak hanya kaya serat, daun singkong juga mengandung beragam nutrisi penting lainnya, antara lain karbohidrat, protein, kalsium, zat besi, kalium, vitamin A, dan vitamin C.

Daun singkong dapat diolah dengan cara ditumis, direbus, atau dibuat menjadi sayur gulai maupun sayur lodeh. Rasanya yang nikmat membuat daun ini jadi teman yang pas untuk berbagai menu makanan sehat. 

Mengonsumsi daun singkong saat hamil bisa menambah nafsu makan pada ibu hamil yang sulit makan karena mengalami morning sickness. Selain itu, daun singkong untuk ibu hamil juga bisa memberikan beragam manfaat kesehatan berikut ini:

BACA JUGA:Tak Hanya Buahnya, Intip Ragam Manfaat Kulit Melinjo untuk Kesehatan

1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Daun singkong dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Daun singkong mengandung antioksidan, vitamin A, vitamin C, dan protein. 

Semua nutrisi ini berperan penting dalam sistem imunitas tubuh. Itu artinya, mengonsumsi daun singkong ketika hamil bisa meningkatkan daya tahan tubuh sehingga Bumil tidak mudah sakit.

2. Mengontrol kenaikan berat badan

Kandungan serat dalam daun singkong lebih tinggi daripada bayam. Serat pangan bisa membuat tubuh merasa kenyang lebih lama dan menekan keinginan untuk ngemil makanan tidak sehat, seperti keripik, kue manis, atau makanan cepat saji.

BACA JUGA:Terkenal Karena Terbuat dari Scoby, Simak Manfaat Konsumsi Teh Kombucha untuk Tubuh

Oleh karena itu, mengonsumsi daun singkong yang dilengkapi dengan makanan sehat lainnya bisa mendukung peningkatan berat badan normal saat hamil sekaligus mencegahnya agar tidak naik berlebihan.

Kategori :