Begini Cara Ampuh Menghilangkan Daki dengan Bahan Alami

Senin 22-07-2024,19:07 WIB
Reporter : Jamal Maarif
Editor : Jamal Maarif

BENGKULUEKSPRESS.COM - Salah satu masalah kulit yang sering dialami banyak orang adalah munculnya area kehitaman atau daki di beberapa lipatan kulit. Hal ini tentu mengganggu penampilan dan menandakan ada bagian tubuh yang belum bersih.

Daki bisa muncul di area lipatan mana pun pada tubuh Anda. Salah satu area yang mungkin paling banyak daki adalah leher, ketiak, dan selangkangan. Daki sendiri merupakan kotoran pada lipatan tubuh yang menumpuk akibat kebersihan yang kurang terjaga. Daki bisa berupa sel kulit mati, sebum, maupun keringat yang terus menumpuk di lipatan tersebut.

BACA JUGA:Ini Dia Ciri-Ciri Psikopat yang Perlu Diwaspadai

Keringat yang menumpuk ini nantinya akan membentuk semacam plak berwarna hitam atau cokelat yang sulit dibersihkan. Daki juga bisa disebabkan oleh dermatitis neglecta (DN). Kondisi ini terjadi akibat kurangnya kebersihan seseorang.

Nyatanya, membersihkan kulit sangat penting untuk kesehatan secara keseluruhan. Tidak hanya membersihkan kuman dan minyak, mandi yang benar juga menghilangkan sel kulit mati dan kotoran lain yang dapat menumpuk di kulit. Jika Anda tidak mandi dan membersihkan tubuh dengan saksama, maka DN dapat menyebabkan penumpukan daki yang berkerak dan semakin sulit dihilangkan.

BACA JUGA:Kenali Tanda Kepribadian Ganda dan Cara Penanganannya

Jika dibiarkan menumpuk, maka daki bisa mengganggu penampilan. Semakin banyak daki, semakin sulit bagian itu dibersihkan. Daki sendiri juga merupakan stratum korneum (lapisan kulit) yang terlepas. Secara umum, bagian ini akan terlepas sedikit demi sedikit selama satu bulan sekali.

Sayangnya, proses ini mungkin akan semakin melambat saat usia seseorang semakin bertambah. Selain faktor usia, daki juga muncul pada area yang banyak lipatan dan lembap. Hal ini disebabkan karena stratum korneum akan mengalami pelunakan akibat kondisi kulit yang terus lembap. Orang obesitas atau memiliki lipatan tubuh banyak akan lebih mungkin memiliki daki.

Umumnya, mandi yang bersih sambil menggosok kulit cukup untuk menghilangkan daki. Selain itu, tubuh juga secara alami mengalami proses pergantian sel kulit setiap 30 hari sekali. Saat sel kulit baru muncul, sel kulit mati akan terlepas. Hanya saja, jika sel kulit mati sebelumnya sudah tertumpuk daki, maka sel kulit sehat yang muncul pun tidak akan terlihat jelas.

BACA JUGA:Benarkah Minum Kopi Bagus untuk Kesehatan? Ini Kata dr Zaidul Akbar

Cara menghilangkan daki dengan mandi menggunakan sabun saja tidak cukup. Beberapa bahan alami juga dapat dimanfaatkan sebagai scrub untuk membersihkan daki, serta membuat kulit menjadi lebih cerah, halus, dan sehat. Membersihkan kulit sebagai tahap awal perawatan kulit bertujuan untuk menghilangkan kotoran, kuman, dan minyak berlebih yang ada di permukaan kulit. Untuk mengoptimalkan proses tersebut, Anda dapat melakukan eksfoliasi menggunakan scrub yang dijual secara bebas. Selain itu, penggunaan scrub dari bahan-bahan alami juga bisa Anda lakukan sebagai cara menghilangkan daki.

Berbagai Cara Menghilangkan Daki
Berikut ini adalah beberapa cara menghilangkan daki secara alami:

Mandi secara teratur
Mandi menggunakan air mengalir bermanfaat untuk membersihkan daki di kulit setelah Anda beraktivitas seharian. Selain itu, mandi juga dapat membersihkan kuman yang menempel di tubuh. Mandi umumnya dapat dilakukan 1 kali sehari atau lebih, tergantung pada aktivitas yang Anda lakukan. Namun, hindari mandi dengan air panas karena dapat menyebabkan kulit menjadi kering. Jika Anda memiliki kulit sensitif, kandungan parfum dalam sabun sebaiknya juga dihindari karena dapat mengiritasi kulit.

BACA JUGA:Beberapa Keutamaan dari Sedekah, Ustaz Abdul Somad: Salah Satunya Menolak Bala

Melakukan eksfoliasi
Tidak hanya menghilangkan daki, eksfoliasi menggunakan scrub juga bermanfaat untuk membersihkan pori-pori yang tersumbat dan mengangkat sel kulit mati. Selain itu, eksfoliasi juga membantu merangsang produksi kolagen agar kulit tetap kencang. Beberapa scrub bahan alami untuk eksfoliasi yang dapat Anda gunakan sebagai cara menghilangkan daki antara lain:

Kopi
Menurut penelitian, kopi mengandung kafein yang dapat menyamarkan selulit. Selain itu, kandungan antioksidan pada kopi mampu mencegah tanda-tanda penuaan pada kulit.
Untuk membuat scrub kopi, sebagai cara menghilangkan daki Anda bisa mencampurkan ½ cangkir bubuk kopi dengan 2 sendok makan air panas dan 1 sendok teh minyak kelapa.

BACA JUGA:Bila Jodoh Tak Kunjung Datang, Buya Yahya: Jangan Asal Percaya Sihir

Gula dan madu
Gula mengandung glukosa yang bermanfaat untuk mencerahkan kulit, sedangkan madu mengandung antioksidan untuk menjaga kelembaban kulit. Cara menghilangkan daki menggunakan scrub gula dan madu dapat Anda lakukan dengan mencampurkan ½ cangkir gula, ¼ cangkir minyak kelapa, dan 2 sendok makan madu.

Green tea
Green tea atau teh hijau juga bisa digunakan sebagai scrub untuk membersihkan kulit berminyak dan menghilangkan daki. Untuk membuat scrub ini, campurkan 2 kantong teh hijau bubuk dengan sedikit air.

BACA JUGA:Ingin Memiliki Hafalan yang Kuat, Rutinkan Membaca Doa Berikut Ini

Garam halus
Cara menghilangkan daki berikutnya adalah menggunakan scrub garam halus. Garam mampu mengangkat kotoran dan minyak di kulit. Untuk membuat scrub, campurkan ½ cangkir garam dengan ½ cangkir minyak kelapa, lalu aduk hingga merata. Anda dapat mengoleskan scrub dari bahan-bahan alami tersebut ke kulit dengan gerakan melingkar, lalu bersihkan menggunakan air hangat.

Cara menghilangkan daki dengan eksfoliasi ini sebaiknya dilakukan setiap 2–3 kali seminggu. Ini karena eksfoliasi berlebihan dapat membuat kulit menjadi kering, sensitif, dan iritasi. Selain itu, scrub dari bahan-bahan alami di atas hanya boleh digunakan di kulit tubuh saja. Hindari penggunaan scrub di area wajah karena kulit wajah lebih sensitif daripada kulit tubuh.(**)

Kategori :