Sering Dianggap Sepele, Berikut 9 Dosa Suami Kepada Istri, Balasannya Dahsyat

Jumat 19-07-2024,07:00 WIB
Reporter : Ari Apriko
Editor : Ari Apriko

5. Membuka Aib Istri

Dosa suami terhadap istri berikutnya adalah menyebarluaskan aib istri kepada masyarakat. Padahal, sebagai kepala keluarga, suami seharusnya menjaga dan menutup rapat aib istrinya.

"Sesungguhnya di antara orang yang paling buruk kedudukannya di sisi Allah pada hari kiamat adalah seseorang yang menggauli istrinya, dan istrinya menggaulinya kemudian dia menyebarkan rahasia-rahasia istrinya," (HR Muslim).

6. Membiarkan Istri Bekerja untuk Suami

Dosa suami terhadap istri berikutnya adalah membiarkan istri mencari nafkah untuk suami dan anak-anaknya, sementara suami sendiri tidak bekerja dan hanya menikmati keuntungan tanpa memberikan kontribusi ekonomi yang adil.

Memang, istri bekerja untuk membantu perekonomian keluarga diperbolehkan dalam Islam. Namun, tidak seharusnya suami malas dan menyerahkan semua tanggung jawab ekonomi pada istri. Sikap seperti ini dapat menyebabkan suami dilaknat oleh Allah SWT.

"Tidak akan beruntung suatu kaum yang dipimpin oleh seorang wanita," (HR Ahmad, Bukhari, Tirmidzi dan Nasa’i).

7. Meremehkan Kedudukan Istri

Dosa suami terhadap istri berikutnya adalah meremehkan kedudukan istri. Beberapa suami, setelah memberikan nafkah lahiriyah, cenderung menganggap rendah istri yang tinggal di rumah.

Seorang wanita rela meninggalkan orang tuanya demi suami, bahkan siap mengandung dan melahirkan anak-anak suaminya.

Namun, sering kali semua pengorbanan itu dianggap remeh oleh suami. Hal seperti ini merupakan dosa besar bagi suami terhadap istri.

BACA JUGA:Meskipun Tak Berzina, Namun 5 Perbuatan Wanita Ini Dicatat Sebagai Dosa Zina

BACA JUGA:Seberapa Besar Dosa Pelakor? Berikut Penjelasannya Menurut Islam

8. Tak Cemburu Kepada Istri

Dosa suami terhadap istri dalam hal ini harus diwaspadai, meskipun terlihat sepele, karena dapat memiliki efek yang mengerikan di hari kiamat.

Ketidakcemburuan suami pada istri juga termasuk dosa besar. Sifat cemburu antara suami dan istri diperlukan dalam membina rumah tangga.

Kategori :