Cegah Peradangan Dengan Konsumsi 9 Makanan Antiinflamasi Berikut ini

Jumat 19-07-2024,12:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

3. Bawang Putih dan Bawang Bombay

Tak cuma sebagai antibiotik alami, bawang putih dan bawang bombay juga dikenal sebagai bumbu dapur yang berkhasiat meredakan gejala radang sendi.

Anda dapat menambahkan bawang putih atau bawang bombay ke dalam masakan untuk menyedapkan rasa. Masakan pun tak hanya enak, tapi juga berkhasiat sebagai antiradang.

BACA JUGA:Inilah 5 Manfaat Asam Kandis untuk Kesehatan, Dapat Mencegah Penyakit Kardiovaskular

4. Tomat

Tomat merupakan bahan pangan yang kaya akan vitamin C, potasium, likopen, serta senyawa antioksidan lainnya yang dapat membantu meredakan peradangan di dalam tubuh. 

Selain itu, kandungan likopen di dalam tomat juga dapat mengurangi kadar senyawa peradangan yang berkaitan dengan beberapa jenis kanker.

5. Cokelat Hitam

Cokelat hitam atau dark chocolate juga direkomendasikan sebagai makanan antiinflamasi karena mengandung berbagai senyawa antioksidan, salah satunya adalah flavonoid. 

Kandungan antioksidan di dalam cokelat hitam ini dapat membantu mengurangi risiko penyakit degeneratif yang berkaitan dengan faktor penuaan.

BACA JUGA:Inilah 5 Manfaat Asam Kandis untuk Kesehatan, Dapat Mencegah Penyakit Kardiovaskular

Selain itu, flavonoid yang terkandung di dalam cokelat hitam juga dapat menjaga sel-sel endotel yang melapisi pembuluh darah arteri agar tetap sehat.

6. Brokoli

Jenis makanan antiinflamasi berikutnya adalah brokoli. Sayuran hijau ini diketahui mengandung berbagai senyawa antioksidan, seperti sulforaphane yang dapat mengurangi peradangan dengan cara menekan kadar sitokin dan NF-kB. 

Dua senyawa tersebut merupakan pemicu peradangan di dalam tubuh yang bisa menyebabkan terjadinya berbagai penyakit.

7. Kacang Polong

Kategori :