Identik dengan Wanita, Inilah 7 Penyebab Anemia Terjadi

Minggu 21-07-2024,20:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

Semakin sering hamil dan bersalin, semakin besar kemungkinan wanita untuk mengalami anemia kronis.

5. Gangguan pencernaan

Penyebab anemia selanjutnya adalah memiliki gangguan atau penyakit yang memengaruhi proses cerna dan penyerapan nutrisi dapat menjadi salah satu penyebab anemia, seperti penyakit Celiac. 

Penyakit ini menyebabkan kerusakan pada usus kecil yang berfungsi menyerap gizi dari makanan untuk disalurkan ke seluruh tubuh.

Kerusakan usus kecil ini tentu akan memengaruhi penyerapan zat besi, folat, dan vitamin B12 yang membantu proses pembentukan sel darah merah. 

BACA JUGA:Bisa Menyebabkan Kematian, Kenali 10 Ciri-ciri Demam Berdarah Dengue (DBD) pada Anak

6. Penyakit kronis

Anemia dapat disebabkan adanya penyakit kronis yang di derita. Penyakit kronis dapat menjadi salah satu faktor risiko penyebab anemia. 

Penyakit kronis dapat menyebabkan perubahan pada sistem tubuh untuk memproduksi sel darah merah yang sehat. Kondisi ini menyebabkan produksi sel darah merah terhambat, sel darah merah yang lebih cepat mati, atau justru gagal sama sekali.

7. Riwayat keluarga

Punya anggota keluarga yang mengalami anemia akan meningkatkan risiko Anda mengalaminya juga. Salah satu jenis anemia yang rentan diturunkan dalam silsilah keluarga adalah anemia sel sabit.

Penyebab anemia sel sabit yaitu struktur hemoglobin dalam darah yang berubah. Ini membuat sel darah merah menjadi lebih cepat mati. Ini hanya bisa terjadi karena diturunkan secara genetik. 

BACA JUGA:Cocok Dijadikan Camilan Sehat, Ini lah Manfaat Kuaci Manfaatnya bagi Kesehatan

Nah, itulah penyebab anemia, dengan mengetahui beberapa penyebab penyakit yang satu ini Anda dapat melakukan pencegahan sebelum terjadinya anime sehingga dapat melakukan aktivitas dengan lancar dan nyaman. 

Kategori :