Mobil Sering Bergetar, Simak 10 Penyebab dan Cara Mengatasinya

Senin 22-07-2024,11:36 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

Getaran pada mobil umumnya paling sering terjadi karena ada masalah dengan bagian kaki-kaki, baik velg maupun ban. Biasanya getaran yang disebabkan masalah pada kaki-kaki ini lebih sering terjadi saat mobil sedang melaju.

Untuk bagian velg, masalah yang muncul bisa dikarenakan penyok/peang karena terlalu sering menahan beban atau membentur lubang dikecepatan tinggi.

BACA JUGA:Ini Dia 7 Penyebab Aki Mobil Tekor, Nomor 7 Bisa Berbahaya

4. Masalah Piston

Hampir mirip dengan kasus di atas, mesin bergetar juga bisa dikarenakan piston mengalami masalah. Biasanya karena piston mengalami keausan, yang penyebabnya bisa saja karena oli atau usia komponen tersebut. 

Ketika oli atau pelumas sudah tidak bisa melumasi piston dan ruangan di dalamnya, maka bukan tak mungkin lama kelamaan akan terjadi aus karena terjadi gesekan dengan komponen lainnya. 

Nah, jika piston bermasalah, tentunya yang terjadi adalah penurunan performa sehingga tenaga yang dihasilkan juga tidak maksimal. Ketika piston bermasalah inilah, biasanya muncul getaran.

5. Busi Kotor

Busi bermasalah juga bisa menjadi biang kerok mesin mobil bergetar. Seperti pada umumnya, busi digunakan tergantung jumlah silinder, bisa tiga atau empat.

BACA JUGA:Sangat Mudah! Tips Jitu Cara Merawat Mobil di Rumah

Nah, ketika busi bermasalah biasanya tidak secara bersamaan. Alhasil, ketika salah satu busi bermasalah, maka performa bus menjadi terganggu, sehingga saat proses pembakaran menjadi tidak sempurna.

Alhasil, karena salah satu busi tidak beroperasi dengan baik dan benar, maka mesin akan bekerja keras, sehingga muncul getaran. 

6. Salah pemasangan mesin

Sudah seharusnya mesin menempel pada sasis dengan benar ke engine mounting saat melakukan pemasangan. Salah pemasangan mesin bisa menyebabkan mobil sering berketar. 

Namun jika salah dalam pemasangan, atau kurang kencang baut-baut ke engine mounting maka dipastikan bakal muncul getaran mesin, yang diikuti beberapa bagian di sekitarnya, termasuk pada bagian kabin.

BACA JUGA:Semakin Kotor Semakin Stabil, Berikut 5 Tanda Warna Busi yang Bagus

Kategori :