5 Manfaat Petai Cina untuk Kesehatan Tubuh, Membantu Pengobatan Diabetes dan Jantung

Rabu 17-07-2024,13:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

BENGKULUEKSPRESS.COM - Meski memiliki cita rasa yang jarang disukai, Lamtoro atau yang lebih di kenal dengan sebutan petai cina memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan. 

Petai cina menjadi salah satu petai yang banyak menjadi campuran jenis makan tertentu. Memiliki ukurang yang mungil, ada berbagai manfaat untuk kesehatan. Apa saja manfaatnya? Simak pada ulasan di bawah ini. 

Petai (pete) cina atau lamtoro adalah salah satu jenis petai yang berasal dari tanaman perdu dari suku Fabaceae (Leguminosae, polong-polongan). 

Petai cina mengandung banyak penting, seperti serat, protein, lemak, dan karbohidrat. Selain itu, daunnya mengandung berbagai jenis vitamin, seperti vitamin A, B1, dan C.

BACA JUGA:Ini Dia Manfaat dan Cara Menerapkan Pola Tidur Bifasik

Daun pete cina juga mengandung flavonoid dan saponin yang bermanfaat untuk mempercepat penyembuhan luka.

Meskipun dalam jumlah yang tidak terlalu banyak, tanaman ini juga mengandung mineral untuk kesehatan tubuh. Mulai dari kalsium, zat besi, magnesium, dan fosfor. 

Berkat kandungan nutrisi yang melimpah, manfaat petai cina untuk kesehatan tubuh pun cukup banyak. Berikut ini beberapa manfaat petai cina:

1. Mengatasi penyakit kulit

Lamtoro memiliki manfaat untuk membantu mengurangi peradangan di kulit akibat penyakit psoriasis. Saat gejala psoriasis kambuh, kamu bisa mengalami rasa gatal, perih, kulit bersisik, kemerahan dan bengkak di kulit.

BACA JUGA:Jangan Dulu Panik, Ikuti 8 Cara Ini Untuk Menurunkan Demam Tinggi Pada Anak

Kandungan saponin dalam lamotoro dapat menghasilkan kolagen yang dapat membantu mengurangi bengkak dan peradangan yang diakibatkan oleh psoriasis ini.

Untuk mendapatkan khasiat ini, kamu bisa menumbuk daun lamtoro sampai halus dan menempelkannya pada kulit yang mengalami gejala.

1. Membantu pengobatan diabetes 

Selain mengatasi penyakit kulit, lamptoro juga memiliki manfaat yang dapat membantu pengobatan penykit diabetes. 

Kategori :