Baik untuk Kesehatan Jantung, Ketahui Beragam Manfaat Brokoli yang Sayang Dilewatkan

Rabu 17-07-2024,11:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

BENGKULUEKSPRESS.COM - Bicara soal sayuran, salah satu sayuran yang sering dikonsumsi ialah brokoli. Brokoli bisa menjadi salah satu tambahan menu sehat sebagai santapanmu. 

Brokoli adalah sumber antioksidan yang sangat kuat. Selain itu, sayur ini memiliki kandungan nutrisi tambahan berupa magnesium, fosfor, seng, dan zat besi.

Dengan kandungan nutrisi yang sudah disebutkan tadi, sayuran yang juga dikenal dengan nama kubis bunga hijau ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Berikut manfaat brokoli untuk kesehatan. 

BACA JUGA:Ampuh Atasi Diabetes dan Turunkan Gula Darah, dr Zaidul Akbar Cukup Pakai Apel dan Mentimun

1. Menjaga kesehatan mata

Dua dari karotenoid utama dalam brokoli, lutein dan zeaxanthin, dikaitkan dengan penurunan risiko degenerasi makula terkait usia. 

Selain itu, brokoli mengandung beta karoten, yang diubah tubuh menjadi vitamin A. Ini membuat mengonsumsinya secara teratur dapat menjaga kesehatan mata. 

2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Senyawa glutathione pada sayuran yang masuk jenis kubis-kubisan ini dapat mendukung kesehatan usus. Pada akhirnya, secara signifikan meningkatkan pertahanan tubuh terhadap infeksi. 

Sebagai antioksidan kuat, glutathione bekerja di seluruh tubuh untuk melindungi sel dari kerusakan inflamasi. 

BACA JUGA:Bisa Menyebabkan Kematian, Kenali 10 Ciri-ciri Demam Berdarah Dengue (DBD) pada Anak

3. Mencegah sembelit

Brokoli memiliki manfaat untuk mencegah sembelit. Brokoli kaya akan serat dan antioksidan yang dapat mendukung fungsi usus yang sehat dan kesehatan pencernaan. 

Makanan berserat dapat meningkatkan produksi asam lemak rantai pendek. Sehingga dapat secara signifikan mencegah sembelit. 

4. Menurunkan kadar kolesterol

Kategori :