Bagus untuk Meningkatkan Fungsi Otak, Simak Manfaat Tempe Gembus untuk Kesehatan

Selasa 16-07-2024,13:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

Hal ini bisa terjadi karena serat di dalam makanan dapat memperlancar pergerakan usus. Tidak hanya itu, kandungan antioksidan pada tempe gembus juga mampu menghambat pertumbuhan bakteri penyebab masalah pencernaan, seperti diare dan disentri.

4. Menjaga kesehatan tulang

Tempe gembus juga mengandung isoflavon berupa genistein dan daidzein. Isoflavon dapat memiliki efek positif pada kesehatan tulang dan dapat membantu mencegah berbagai kerusakan tulang, seperti osteoporosis.

BACA JUGA:Enak dan Bernutrisi, Inilah 8 Manfaat Rumput Laut untuk Kesehatan

Selain itu, tempe gembus mengandung asam amino esensial yang berperan dalam pembentukan kolagen. Kolagen merupakan komponen penting dalam struktur tulang yang memastikan proses pembentukan dan perbaikan tulang berjalan dengan baik.

5. Mencegah diabetes

Tempe gembus juga bermanfaat untuk mencegah penyakit diabetes. Manfaat ini diperoleh dari kandungan isoflavon dan flavonoid yang bersifat antioksidan. 

Kandungan tersebut diketahui mampu menangkal radikal bebas yang bisa meningkatkan risiko terjadinya penyakit diabetes. Selain itu, kandungan asam amino yang terkandung dalam tempe gembus juga dapat menurunkan kadar gula darah.

6. Menurunkan risiko jantung

Selain bermanfaat untuk mencegah penyakit diabetes, kandungan flavonoid di dalam tempe gembus juga bisa menurunkan risiko terkena penyakit jantung. 

BACA JUGA:Enak dan Bernutrisi, Inilah 8 Manfaat Rumput Laut untuk Kesehatan

Ini karena flavonoid mampu mencegah penggumpalan darah yang bisa memicu penyakit jantung. Selain itu, isoflavon pada tempe gembus juga bisa menjadi sumber protein hewani yang baik sehingga mampu menurunkan kolesterol jahat. 

Dengan begitu, penumpukan kolesterol yang dapat memicu penyakit jantung pun dapat dicegah.

7. Meningkatkan fungsi otak

Kandungan serat di dalam tempe gembus ternyata tidak hanya baik untuk melancarkan pencernaan, tetapi juga meningkatkan fungsi otak. 

Hal ini diperkuat dengan penelitian yang menyebutkan bahwa kandungan serat dapat mencegah terjadinya penyakit demensia di usia tua, seperti penyakit Alzheimer.

Kategori :