Inilah 9 Manfaat Telur Asin untuk Kesehatan

Selasa 16-07-2024,11:55 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

BENGKULUEKSPRESS.COM - Selain memiliki rasa yang khas dan tekstur yang bikin nagih, telur asin juga memiliki sejumlah manfaat yang jarang diketahui. 

Ada banyak manfaat telur asin bagi kesehatan, terutama untuk mata, otak, dan otot. Beragam kandungan nutrisi di dalamnya menjadikan telur asin sangat baik dikonsumsi. 

Meski begitu, telur asin mengandung kadar kolesterol yang tinggi sehingga tidak anjurkan untuk dikonsumsi secara berlebihan.

Telur asin merupakan telur yang diawetkan menggunakan garam. Jenis telur yang lebih sering dipakai adalah telur bebek dibandingkan telur ayam. 

BACA JUGA:Waktu Terbaik untuk Tidur Malam, dr Zaidul Akbar Sarankan Minum Ini Sebelum Tidur

Hal ni karena telur bebek dianggap memiliki kualitas cangkang yang baik dalam menyerap garam, sehingga lebih awet dan tahan lama.

Telur asin yang menggunakan telur bebek juga memiliki kandungan nutrisi lebih banyak, terutama protein, lemak sehat, vitamin, dan mineral.

Dengan begitu, manfaat telur asin yang diperoleh pun lebih maksimal. Lantas, apa manfaat telur asin untuk kesehatan yang bisa didapatkan? Yuk, cari tahu jawabannya dengan menyimak ulasan di bawah ini. 

Selain itu, telur bebek memiliki rasa yang lebih gurih, tekstur lebih lembut, dan ukurannya lebih besar daripada telur ayam.

BACA JUGA:Waspada Pembengkakan Pada Tubuh, Inilah 8 Gejala Anemia pada Wanita yang Harus Diketahui

Manfaat telur asin yang terbuat dari telur bebek tidak terlepas dari kandungan nutrisi di dalamnya. Berikut ini adalah berbagai manfaat telur asin bagi kesehatan.

1. Menjaga kesehatan otak

Manfaat telur asin juga penting untuk kesehatan otak. Kuning telur asin kaya akan kolin yang berperan penting dalam mendukung kesehatan sel otak dan sistem saraf. 

Selain itu, telur asin juga mengandung asam lemak omega-3, vitamin B6, vitamin B12, dan antioksidan yang dapat melindungi sel-sel otak dari kerusakan sekaligus meningkatkan fungsi otak.

2. Menjaga sistem kekebalan tubuh

Kategori :