Inilah Manfaat Daun Bawang, Mulai dari Memperkuat Kekebalan Tubuh Hingga Cegah Risiko Penyakit Mematikan

Senin 15-07-2024,20:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

Daun bawang bagus untuk sistem pencernaan. Serat dalam daun bawang maupun makanan tinggi serat lainnya sangat bagus untuk pencernaan. 

Serat berperan penting dalam menjaga pergerakan usus agar tetap teratur, serta membuat tekstur tinja jadi lebih lunak dan padat agar mudah dikeluarkan.

BACA JUGA:Mengenal Apa Itu Backpacker? Ini Dia Keuntungan, Risiko, Hingga Tipsnya

Daun bawang juga mengandung prebiotik yang baik untuk mendukung kesehatan dan fungsi usus dalam mencerna makanan. Inilah mengapa manfaat daun bawang dapat membantumu mencegah sembelit. 

3. Membantu penurunan berat badan 

Mengonsumsi daun bawang memang tidak serta-merta bisa menurunkan berat badan, karena penggunaannya sangat kecil dalam masakan. 

Namun, manfaat daun bawang ini tetap dapat kamu rasakan jika menambahkannya ke dalam makanan sehat untuk diet, seperti telur kukus, sup ikan, atau ayam panggang.  

Soalnya, daun bawang tergolong rendah kalori dan mengandung serat yang membuatmu merasa kenyang lebih lama. Perasaan kenyang membuatmu bisa membatasi makan berlebihan yang akan berdampak positif pada penurunan berat badan.  

BACA JUGA:Begini Cara Memulihkan Penangguhan Pembayaran BPJS Kesehatan

4. Memperkuat tulang 

Vitamin K dan kalsium adalah nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk memperkuat tulang, sehingga tulang tidak mudah patah atau mengalami osteoporosis. Oleh karena itu, kamu butuh asupan nutrisi tersebut dari makanan setiap harinya. 

Kabar baiknya, kandungan vitamin K dalam daun bawang cukup tinggi. Dengan mengonsumsi ¼ ikat atau sekitar 25 gram daun bawang per hari saja, kamu sudah hampir memenuhi kebutuhan vitamin K harian orang dewasa. 

5. Meredakan peradangan dan nyeri sendi

Daun bawang efektif untuk meredakan peradangan dan nyeri sendi. Daun bawang juga diyakini dapat meredakan peradangan dan nyeri sendi.

Manfaat ini berkat senyawa aktif allicin, quercetin, asam amino, fenol, dan tanin di dalam daun bawang yang bersifat antiradang.  

BACA JUGA:Mengenal Apa Itu Backpacker? Ini Dia Keuntungan, Risiko, Hingga Tipsnya

Kategori :