Inilah Manfaat Daun Bawang, Mulai dari Memperkuat Kekebalan Tubuh Hingga Cegah Risiko Penyakit Mematikan

Senin 15-07-2024,20:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

BENGKULUEKSPRESS.COM - Daun bawang merupakan salah satu sayur tambahan yang menambah kenikmatan dan cita rasa makanan. Tahukaj kamu? Selain dapat menambah cita rasa pada makanan, manfaat daun bawang untuk kesehatan tak bisa disepelekan. 

Bisa dibilang, sayuran ini “kecil-kecil cabe rawit” karena mengandung senyawa yang dapat melawan infeksi, bahkan menghambat pertumbuhan sel kanker. 

Di balik ukurannya yang mungil, nutrisi yang terkandung dalam daun bawang tidak main-main.

Dalam 100 gram atau sekitar 1 ikat daun bawang terkandung sekitar 32 kalori serta beberapa nutrisi penting lain yang diperlukan oleh tubuh, seperti kerbohidrat, protein, serat, kalium, kalsium, magnesium, vitamin C, dan vitamin K.

BACA JUGA:Tips Ampuh Cara Menghilangkan Bau Ketiak, Bye Bau Badan!

Daun bawang juga dilengkapi dengan quercetin dan allicin yang memiliki efek antioksidan dan antikanker. Selain itu, daun bawang juga diketahui mengandung zat yang memiliki sifat antibakteri dan antiradang, lho. 

Ragam Manfaat Daun Bawang untuk Tubuh 

Tak hanya nikmat disantap, daun bawang juga bisa memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh berkat kandungan nutrisi dan zat antioksidannya yang melimpah.

Apa saja manfaat daun bawang untuk kesehatan? Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan: 

1. Memperkuat kekebalan tubuh 

Manfaat utama yang dimiliki daun bawang adalah dapat melindungi sel tubuh dari kerusakan. Daun bawang mengandung vitamin C, magnesium, dan senyawa quercetin yang bisa memperkuat kekebalan tubuh. 

BACA JUGA:Pemeriksaan Darah Lengkap Ternyata Dapat Mendeteksi Penyakit

Selain itu, antioksidan pada daun bawang juga mampu melindungi sel tubuh dari kerusakan, terutama akibat paparan radikal bebas. 

Nah, dengan imunitas tubuh yang sehat dan kuat, kamu pun jadi tidak mudah sakit dan akan lebih cepat sembuh saat jatuh sakit. 

2. Menjaga sistem pencernaan

Kategori :