Ini Penyebab Susah Tidur yang Jarang Kamu Tahu

Minggu 14-07-2024,22:04 WIB
Reporter : Jamal Maarif
Editor : Jamal Maarif

BACA JUGA:Ini Dia Bahaya Makanan yang Mengandung Gluten

Obat susah tidur di apotik
Berikut adalah berbagai jenis obat tidur yang bisa kamu beli di apotek:

Antihistamin, suplemen melatonin, bahan herbal.
Obat tidur yang dijual bebas yang mengandung melatonin umumnya digunakan untuk orang yang sulit tidur karena jet lag, bekerja di tenggat waktu kerja, atau mengalami gangguan siklus tidur. Melatonin adalah hormon yang sebenarnya diproduksi otak, dan bisa mengatur siklus tidur kamu.

Obat insomnia yang mengandung melatonin relatif aman dikonsumsi jangka pendek (maksimal 3 bulan). Namun, sebagian orang mengeluhkan efek obat tidur melatonin berupa kecemasan dan sering terbangun di tengah malam. Sementara itu, antihistamin sebenarnya bukanlah obat yang dirancang khusus untuk mengatasi gangguan tidur. Obat tidur di apotik sebenarnya berfungsi untuk mengobati gejala alergi, namun kandungannya bisa membuat orang merasa mengantuk sehingga sering diminum untuk meningkatkan kualitas tidur.


BACA JUGA:PLN Perkuat Kolaborasi Global, Gandeng USAID untuk Akselerasi Transisi Energi

Cara cepat tidur untuk orang yang susah tidur
Selain mengonsumsi obat insomnia alami, kamu juga bisa melakukan berbagai kebiasaan agar tidur lebih cepat dan nyenyak. Cara cepat tidur yang bisa kamu lakukan dengan mudah, yaitu:

  •     Kurangi penggunaan ponsel
  •     Hindari konsumsi kafein di sore hari.
  •     Kurangi tidur siang. Atur jadwal untuk tidur dan bangun lebih teratur.
  •     Jangan minum alkohol.
  •     Pastikan kamar tidur nyaman
  •     Jangan terlalu banyak berpikir, terutama sebelum tidur.
  •     Mandi air hangat.

Susah tidur saat haid
Saat menstruasi banyak hal yang sering dikeluhkan wanita, entah itu karena rasa sakit di sekujur tubuh, mood yang berubah-ubah, hingga sulit tidur. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh National Sleep Foundation, dilansir dari laman Reader’s Digest, sekitar 67 persen wanita mengalami sulit tidur saat haid.

BACA JUGA:H-2 Puncak Pelaksanaan Tabut, Volume Sampah Meningkat

Tidak hanya sulit tidur, kualitas tidur yang kamu miliki juga kurang optimal. Hal ini karena suhu tubuh kamu juga akan meningkat saat menstruasi, sehingga cenderung membuat kamu gelisah dan tidak nyaman sepanjang hari. Cara mengatasi susah tidur tergantung dari penyebabnya. Selama 7-8 jam adalah waktu tidur yang baik pada malam hari. Kurang tidur tentu saja bisa berdampak buruk bagi kesehatan.(**)

 

Kategori :