Ini Dia 5 Cara Mengatasi Sensasi Pahit di Lidah Saat Asam Lambung Muncul

Sabtu 13-07-2024,15:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

Maka dari itu, minum air putih dapat membantu menghidrasi tubuh dan membersihkan sisa asam lambung yang naik ke kerongkongan atau mulut, sehingga mengurangi sensasi rasa pahit.

Secara umum, setiap orang membutuhkan 8 gelas air putih per hari. Namun, jumlah ini bisa meningkat jika Anda banyak melakukan aktivitas fisik atau beraktivitas di luar ruangan.

BACA JUGA:Ingin Hidup Tenang Tanpa Gangguan Gaib, Ini Cara Mengusir Khodam Jahat

4. Membatasi Makanan Pemicu Asam Lambung 

Naiknya asam lambung ke kerongkongan saat penyakit asam lambung kambuh ternyata juga bisa menimbulkan rasa pahit di dalam mulut.

Untuk mengatasi kondisi tersebut, batasilah konsumsi makanan pemicu asam lambung, seperti makanan pedas dan berlemak. Selain itu, hindari juga minuman beralkohol.

7. Mengunyah permen karet bebas gula

Cara lain yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan rasa pahit di lidah dan mulut adalah mengunyah permen karet.

Mengunyah permen karet bisa membantu meringankan burning mouth syndrome yang sering kali menimbulkan rasa pahit pada mulut.

BACA JUGA:Mengenal Nyamuk Wolbachia! Teknologi Pengendalian Demam Berdarah

Supaya kesehatan gigi dan mulut tetap terjaga, sebaiknya pilihlah permen karet bebas gula. Hindari merk permen karet yang menggunakan tambahan gula atau perasa.

6. Makan Pisang

Pisang adalah pilihan baik untuk mengatasi rasa pahit karena sifatnya yang basa dapat menetralkan asam lambung. 

Selain itu, kandungan vitamin B dalam pisang juga membantu mengurangi rasa pahit dengan mendukung fungsi saraf yang sehat.

Nah, itulah beberapa cara mengatasi mulut pahit karena asam lambung naik. Jika gejala berlanjut meskipun telah mencoba cara-cara ini, sangat disarankan untuk konsultasi dengan dokter untuk evaluasi lebih lanjut dan pengelolaan yang tepat. Semoga dapat membantu permasalahan yang sedang Anda alami. 

Kategori :