Ingin Pahala Besar dan Dosa-dosa Diampuni, Amalkan 5 Amalan Ini Setiap Hari

Rabu 10-07-2024,06:00 WIB
Reporter : Ari Apriko
Editor : Ari Apriko

2. Membaca Amin Setelah Imam Membaca Al Fatihah

Mengucapkan "aamiin" ketika imam selesai membaca surat Al Fatihah termasuk amalan ringan yang berpahala besar jika dilakukan.

Bahkan, orang-orang yang mengucapkan "aamiin" bersamaan dengan para malaikat, akan dihapuskan dosa-dosanya yang telah lalu.

Hal ini dijelaskan dalam sebuah hadis. Dari Abu Hurairah RA, ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda yang artinya:

"Apabila imam beramin maka beraminlah pula, karena barangsiapa yang aminnya sesuai dengan aminnya para malaikat maka diampuni dosanya yang telah lalu," (HR Bukhari dan Muslim).

3. Membaca Doa I'tidal

Doa I'tidal merupakan doa yang dibaca ketika berdiri setelah ruku' dalam shalat. Meskipun merupakan sunnah untuk dibaca, amalan ini memiliki pahala yang besar di sisi Allah SWT.

Barang siapa yang melaksanakan doa I'tidal akan dihapus dosa-dosanya yang telah lalu, sebagaimana dijelaskan dalam sebuah hadits yang artinya:

"Apabila imam membaca 'Sami'allahuliman hamidah' (Allah mendengar orang yang memujinya) maka ucapkanlah,'Rabbana lakal hamdu' (Ya Allah, ya Tuhan kami, hanya untukmu segala pujian) karena barangsiapa yang ucapannya sesuai dengan ucapanpara malaikat maka telah dihapuskan dosanya yang telah lalu," (HR Bukhari dan Muslim).

BACA JUGA:Bukannya Dapat Pahala, Justru Haram dan Dapat Dosa Bila Sedekah Saat Seperti Ini, Kata Buya Yahya

BACA JUGA:Cukup Ajarkan Surah Ini Kepada Anak Kita, Ustaz Adi Hidayat: Pahala Mengalir Seumur Hidup

4. Wudhu Sebelum Tidur

Tidur dalam keadaan suci dan bersih merupakan amalan ringan yang berpahala besar jika dilakukan.

Dalam Islam, tidur adalah kenikmatan yang besar yang diberikan oleh Allah, oleh karena itu disunnahkan untuk mensucikan diri sebelum tidur.

Orang yang melaksanakan amalan ini akan didoakan oleh para malaikat, seperti yang dijelaskan dalam sebuah hadits.

"Barang siapa yang tidur dalam keadaan suci, maka malaikat akan bersamanya di dalam pakaiannya. Dia tidak akan bangun hingga malaikat berdoa ‘Ya Allah, ampunilah hambamu si fulan karena tidur dalam keadaan suci'," (HR. Ibn Hibban).

Kategori :