Ingin Pahala Besar dan Dosa-dosa Diampuni, Amalkan 5 Amalan Ini Setiap Hari

Rabu 10-07-2024,06:00 WIB
Reporter : Ari Apriko
Editor : Ari Apriko

BENGKULUEKSPRESS.COM- Dalam kehidupan sehari-hari, terdapat banyak amalan ringan yang berpahala besar, seperti yang dicontohkan oleh Rasulullah dalam sebuah hadits:

"Dua kalimat yang ringan di lisan, namun berat ditimbangan dan disukai Ar Rahman yaitu "Subhanallahwabihamdih, subhanallahil‘azhim" (Maha Suci Allah dan segala puji bagi-Nya, Maha Suci Allah Yang Maha Agung)," (HR Bukhari dan Muslim).

Dalam kitab Riyadhus Shalihin, Imam An-Nawawi menjelaskan bahwa ada sejumlah amalan ringan lainnya yang juga memiliki pahala besar dan dapat menghapus dosa jika dilakukan.

BACA JUGA:Amalan Hari Raya Idul Adha, Ustaz Adi Hidayat: Amalkan Agar Dapat Pahala Senilai Jihad Fi Sabilillah

BACA JUGA:Ingin Pahala Diupgrade Langsung oleh Allah SWT, Berikut Penjelasan Ustaz Adi Hidayat

Bahkan, salah satu dari amalan tersebut dapat menjadi sebab seseorang masuk ke dalam surga.

Terkait dengan amalan yang berpahala besar dan mengapus dosa dijelaskan dalam suatu video yang diunggah oleh kanal Youtube Tadabbur Ilmu.

Adapun amalan-amalan berpahala besar dan bisa menghapuskan dosa-dosa yang bisa kita amalkan setiap hari.

1. Mendengarkan dan Berdoa Setelah Adzan

Amalan sehari-hari yang ringan untuk diamalkan, berpahala besar, dan menjadi sebab diberikan syafaat oleh Nabi Muhammad SAW adalah mendengarkan dan membaca doa setelah adzan dikumandangkan. Adzan merupakan seruan kepada kaum Muslim untuk segera melaksanakan sholat.

Barang siapa yang istiqomah mendengarkan dan membaca doa setelah adzan, akan mendapatkan syafaat dari Nabi Muhammad SAW di akhirat kelak.

Hal ini dijelaskan dalam sebuah hadits:

"Barang siapa yang mendengar panggilan adzan lalu ia berdoa,'Ya Allah Tuhan seruan yang sempurna (panggilah Tauhid) dan sholat yang didirikan, berilah kepada Muhammad kemuliaan dan keutamaan dan berilah untuknya tempat yang terpuji sebagaimana yang Engkau janjikan kepadanya. Akan mendapatkan syafaatKu kelak pada hari Kiamat," (HR Bukhari).

BACA JUGA:Qadha Puasa Ramadhan di Waktu Ini, Ustaz Abdul Somad: 3 Pahala Didapat Sekaligus

BACA JUGA:Amalan Dahsyat Para Wali, Gus Baha: Cukup Dibaca Sekali, Pahalanya Setara Berdzikir 1 Malam

Kategori :