Sering Dijadikan Pelengkah Sushi, Inilah 5 Manfaat Wasabi untuk Kesehatan Tubuh

Rabu 10-07-2024,11:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

BENGKULUEKSPRESS.COM - Sebagian orang mungkin belum pernah mencoba makanan terbuat dari tanaman wasabia japonica, yang dikenal dengan wasabi. 

Wasabi merpakan bahan campuran pada sajian makanan yang digunakan sebagai pelengkap ketika mengonsumsi sushi dan sashimi.

Selain memiliki aroma dan rasa yang khas, wasabi juga menyimpan segudang manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh, seperti mengurangi peradangan hingga mencegah kanker.

Sudah dijelaskan sebelumnya, wasabi berasal dari tanaman Wasabia japonica, yaitu sejenis sayuran yang masih termasuk dalam keluarga kubis-kubisan.

BACA JUGA:Jantung Sehat dan Uban Jarang Muncul, dr Zaidul Akbar Sarankan Rutin Minum Ini

Wasabi memiliki rasa yang unik, wasabi juga mengandung berbagai nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh seperti zat besi, kalsium, kalium, magnesium, fosfor, dan folat, meskipun dalam jumlah yang sedikit.

Lantas, manfaat wasabi untuk kesehatan, berikut adalah manfaat yang perlu Anda ketahui agar tidak ragu-ragu lagi untuk mencobanya. 

1. Membasmi bakteri

Digunakan sebagai bahan pelengkap sajian sushi yang biasa menghidangkan makanan mentah, wasabi digunakan karena mampu membasmi bakteri. 

Senyawa aktif yang terkandung di dalam wasabi, yaitu Allyl isothiocyanate, memiliki sifat antibakteri yang dapat membasmi mikroorganisme tersebut. Oleh karena itu, wasabi sering disajikan bersamaan dengan sushi dan sashimi. 

BACA JUGA:Simak 9 Cara Menurunkan Gula Darah Tinggi untuk Penderita Diabetes

Hal ini bertujuan untuk membasmi bakteri yang ada di makanan mentah tersebut.

2. Meredakan peradangan

Manfaat wasabi berikutnya adalah mampu meredakan peradangan. Kandungan isothiocyanates dalam wasabi membantu mengurangi peradangan, sehingga bermanfaat bagi orang yang menderita kondisi inflamasi seperti arthritis.

Selain itu, senyawa ini juga diketahui dapat meringankan gejala aterosklerosis. Meski demikian, dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui efektivitas wasabi untuk meringankan gejala aterosklerosis.

Kategori :