Apa Saja Amalan Bulan Muharram yang Dicintai Rasulullah? Simak Penjelasan Ustaz Adi Hidayat Berikut

Minggu 07-07-2024,08:00 WIB
Reporter : Ari Apriko
Editor : Ari Apriko

"Sangat dianjurkan puasa di bulan hurum dan sangat disukai oleh Nabi SAW, karena itu silakan perbanyak puasa di bulan Al-Muharram," kata Ustaz Adi Hidayat.

Dianjurkan untuk memperbanyak makna (amal baik) setiap hari, satu atau dua hari, atau sebanyak mungkin sesuai kemampuan.

Puasa dapat membantu umat Muslim meninggalkan yang haram dan meningkatkan semangat untuk melakukan amal shaleh lainnya.

Bulan Muharram adalah bulan Allah yang mulia, seperti yang dijelaskan dalam Alquran, di antara 12 bulan lainnya.

BACA JUGA:Ngerinya Siksa Neraka, Ustaz Adi Hidayat: Paling Ringan Dicelupkan Tubuh Hancur Lebur dan Terus Diulang

BACA JUGA:Bagaimana Hukum Memiliki Khodam dalam Islam? Ini Kata Ustaz Adi Hidayat, Gus Baha dan Buya Yahya

Allah SWT berfirman dari surah At Taubah ayat 36:

إِنَّ عِدَّةَ ٱلشُّهُورِ عِندَ ٱللَّهِ ٱثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِى كِتَٰبِ ٱللَّهِ يَوْمَ خَلَقَ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضَ مِنْهَآ أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ۚ ذَٰلِكَ ٱلدِّينُ ٱلْقَيِّمُ ۚ فَلَا تَظْلِمُوا۟ فِيهِنَّ أَنفُسَكُمْ ۚ وَقَٰتِلُوا۟ ٱلْمُشْرِكِينَ كَآفَّةً كَمَا يُقَٰتِلُونَكُمْ كَآفَّةً ۚ وَٱعْلَمُوٓا۟ أَنَّ ٱللَّهَ مَعَ ٱلْمُتَّقِينَ

(Inna 'iddatasy-syuhụri 'indallāhiṡnā 'asyara syahran fī kitābillāhi yauma khalaqas-samāwāti wal-arḍa min-hā arba'atun ḥurum, żālikad-dīnul-qayyimu fa lā taẓlimụ fīhinna anfusakum wa qātilul-musyrikīna kāffatang kamā yuqātilụnakum kāffah, wa'lamū annallāha ma'al-muttaqīn).

Artinya:

"Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu, dan perangilah kaum musyrikin itu semuanya sebagaimana merekapun memerangi kamu semuanya, dan ketahuilah bahwasanya Allah beserta orang-orang yang bertakwa,".

BACA JUGA:Tinggalkan Perbuatan ini, Ustaz Adi Hidayat: Menghapus Amal Baik, Mendapat Siksa Kubur dan Kekal di Neraka

BACA JUGA:Ternyata Anak Bisa Sebabkan Orang Tua Masuk Neraka, Berikut Penjelasan Ustaz Adi Hidayat

"Penamaan Al-Muharram tidak hanya merujuk kepada waktu bulan pertama di tahun Hijriyah, lebih dari itu memberikan kesan pembelajaran mentransformasikan diri lebih baik, lebih shaleh dengan memulai meninggalkan segala yang dilarang," jelas Ustaz Adi Hidayat.

Itulah penjelasan Ustaz Adi Hidayat tentang amalan yang bisa kita lakukan di bulan Muharram. Semoga bermanfaat.(*)

Kategori :