Simak 5 Manfaat Jamu Beras Kencur untuk Kesehatan, Dapat Mencegah Risiko Penyakit Mematikan

Jumat 05-07-2024,16:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

Dalam pengobatan tradisional, jamu beras kencur dipercaya dapat meredakan sakit perut dan sakit gigi. Semua ini diduga berkat efek antiradang dalam kencur yang dapat menghambat faktor inflamasi.

Kandungan atsiri dalam kencur dapat dimanfaatkan sebagai anti inflamasi sederhana dan alami. Cara kerjanya mungkin dengan memblokir jalur histamin dan serotonin yang menyebabkan peradangan.

BACA JUGA:Simak 9 Tips Ampuh Menggoreng Ikan agar Tidak Lengket di Wajan

4. Melawan Radikal Bebas 

Jamu beras kencur mengandung flavonoid. Antioksidan ini membantu tubuh melawan radikal bebas yang menjadi pemicu beberapa penyakit, menurunkan tekanan darah tinggi, hingga mengurangi risiko terserang penyakit jantung dan pembuluh darah (kardiovaskular).

5. Sebagai minuman pasca persalinan 

Beras kencur dapat diminum pasca-persalinan. Kencur dapat menghilangkan rasa lelah, menghilangkan darah kotor, dan keseleo.

Gejala-gejala tersebut dapat dialami oleh wanita setelah melahirkan. Studi menunjukkan bahwa kencur secara signifikan mempercepat penyembuhan luka sehingga membantu penyembuhan pasca-persalinan.

BACA JUGA:Inilah 5 Minuman Enak dan Bermanfaat Meredakan Sakit Sariawan

5. Mencegah Risiko Penyakit Mematikan 

Diabetes menjadi penyakit paling mematikan nomor 3 di Indonesia setelah stroke dan penyakit jantung. Untuk membantu mengendalikan kadar gula darah dalam tubuh, Anda bisa memanfaatkan jamu beras kencur.

Kencur dipercaya dapat mencegah dan mengobati komplikasi kronis pada penderita penyakit diabetes tipe 2. Caranya yaitu dengan menurunkan kadar gula darah dan mengurangi resistensi insulin tubuh.

Itulah manfaat beras kencur untuk kesehatan. Beras kencur memang sudah lama dipercaya dapat membantu menjaga kesehatan tubuh dan menlindungi tubuh dari berbagai penyakit. 

Kategori :