Simak 6 Manfaat Jeruk Nipis untuk Rambut

Selasa 25-06-2024,17:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

Jika kamu ingin memiliki rambut yang berkilau, jeruk nipis bisa jadi salah satu alternatif alami untuk membuat rambut berkilau. Selain mencegah rambut kusam dengan membuat warna rambut lebih keluar, asam sitrat dalam jeruk nipis juga bisa menjaga kilau alami rambut indahmu. 

Jeruk nipis akan membuat rambutmu senantiasa berkilau, terlebih saat sedang berada di bawah paparan sinar matahari. 

BACA JUGA: Jangan Dilewatkan! Ini Dia Manfaat Air Tebu untuk Kesehatan

4. Membasmi ketombe

Ketombe merupakan salah satu masalah rambut yang paling umum. Penyebabnya bisa bermacam-macam, mulai dari kulit kepala berminyak, eksim di kulit kepala, dermatitis seboroik, hingga psoriasis. 

Nah, salah satu manfaat jeruk nipis untuk rambut adalah bisa mengatasi ketombe. Ini karena jeruk nipis mampu menyeimbangkan pH kulit, mengurangi minyak, dan meredakan iritasi di kulit kepala, sehingga ketombe pun bisa teratasi.

Selain itu, jeruk nipis juga kaya akan vitamin C, zinc, dan antioksidan yang bisa menutrisi kulit kepala dan akar rambut.    

Namun, jika ketombe masih juga tidak teratasi dengan penggunaan jeruk nipis, ini artinya kamu perlu mengatasi penyebab ketombe sesuai dengan penyebabnya, ya. Untuk itu, kamu perlu mendapatkan pengobatan dari dokter.

BACA JUGA:Simak 6 Tips yang Wajib Kamu Ketahui Saat Memelihara Kelinci Agar Tidak Stres dan Mudah Mati

5. Mengurangi rambut rontok

Jeruk nipis dapat mengurangi kerontokan pada rambut. Nah, untuk kamu yang sedang berjuang mengatasi rambut rontok, cobain tips ini, deh. Penggunaan jeruk nipis dalam perawatan rambut bisa mengurangi rambut rontok. 

Hal ini berkat kandungan antioksidan flavonoid yang mampu memperbaiki kerusakan pada folikel rambut dan mengurangi laju kerontokan rambut.  

Selain itu, jeruk nipis juga mengandung zat besi yang membantu tubuh memproduksi hemoglobin. Hemoglobin akan membawa oksigen yang berperan dalam perbaikan dan pertumbuhan sel rambut. Efeknya, rambut rontok akan berkurang. 

6. Merangsang pertumbuhan rambut 

Jeruk nipis dapat merangsang pertumbuhan rambut berkat kandungan antioksidan quercetin dan vitamin C yang dapat merangsang pertumbuhan rambut. Vitamin C juga dapat meningkatkan penyerapan zat besi dan menutrisi rambut. 

Dengan begitu, akar-akar rambut akan tumbuh subur dan lebih lebat sehingga rambut pun bisa tampak lebih indah.  

Kategori :