Selain Untuk Sholat, Ustaz Abdul Somad Jelaskan Segudang Manfaat Bangun Subuh

Minggu 23-06-2024,07:00 WIB
Reporter : Ari Apriko
Editor : Ari Apriko

Adapun manfaat bangun pagi dalam Islam adalah:

1. Banyak Berkah

Ustaz Abdul Somad menjelaskan bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda yang artinya:

"Ya Allah berikanlah berkah kepada umatku pada awal hari,".

Artinya, semakin awal kita bangun, semakin banyak berkah yang akan diperoleh.

"Sebenarnya subuh itu berebut berkah. Bahkan tidak berdasarkan hadist, dalil nenek moyang pun kita sudah mengajarkan jangan sampai rezeki dipatok ayam. Artinya habis sudah ayam sudah mengambil, musang sudah mengambil, kucing sudah mengambil, dia tidak mendapat apa-apa sama sekali," kata Ustaz Abdul Somad.

Selain itu, Ustaz Abdul Somad juga menyebutkan bahwa di antara tujuh golongan yang akan mendapatkan naungan di padang mahsyar, salah satunya adalah pemuda yang konsisten beribadah salat subuh berjamaah.

2. Lebih Baik dari Subuh dan Seisinya

Ustaz Abdul Somad juga menjelaskan bahwa dua rakaat sebelum salat subuh, yaitu salat Qobliah, lebih baik dari dunia dan seisinya.

Kalimat tersebut memiliki dua makna: jika salat Qobliah subuh lebih baik daripada dunia dan seisinya, maka salat subuh itu sendiri tentu memiliki nilai yang lebih besar lagi.

"Makanya kata Nabi Muhammad SAW dalam hadist lain seandainya mereka tau balasan salat Subuh dan Isya berjamaah mereka akan datang walaupun merangkak. Kenapa Allah tidak memberi tau? Karena Allah ingin memberi surprise, kejutan. Aku sediakan hamba-hambaku nanti sesuatu yang belum pernah dilihat mata, belum pernah didengar telinga, belum pernah terlintas di hati manusia," papar Ustaz Abdul Somad.

BACA JUGA:Bagaimana Cara Membagi Hewan Kurban yang Benar, Berikut Penjelasan Ustaz Abdul Somad

BACA JUGA:Saat Kurban Idul Adha, Ustaz Abdul Somad Sebut Bagian Ini Paling Baik Dimakan Orang Berkurban

"Makna yang kedua Qobliah shubuh, rakaat pertamanya surat Al Kafirun, rakaat kedua surat Al-Ikhlas apa maknanya iman ketika sedang dikuatkan di rakaat kedua dikuatkan lagi itu lebih bermakna dari dunia dan seisinya ketika dunia seisinya yang kita punya akan hancur di hari kiamat tapi iman akan dibawa mati menghadap Allah SWT," demikian Ustaz Abdul Somad.

Itulah penjelasan Ustaz Abdul Somad tentang keutamaan-keutamaan di waktu subuh. Semoga bermanfaat.(*)

Kategori :