Simak 9 Cara Mengatasi Kulit Mengelupas Akibat Terbakar Sinar Matahari

Minggu 23-06-2024,14:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

Jika kulit Anda tak juga membaik dan justru terasa semakin kering, perih, atau mengelupas, tidak ada salahnya untuk segera minum obat pereda nyeri. Beberapa contoh obat pereda nyeri yang bisa Anda konsumsi adalah ibuprofen atau naproxen, sesuai dengan seberapa parah kondisi kulit Anda.

Selain dengan obat minum, Anda bisa mengoleskan krim kortison untuk mengurangi peradangan yang disebabkan oleh sengatan matahari. Krim ini tersedia bebas dan dapat digunakan untuk mengurangi peradangan dan gatal.

Oleskan tipis-tipis pada area yang terkena 1 – 2 kali sehari, sesuai dengan petunjuk pada kemasan.

BACA JUGA:Skincare Lebih Penting daripada Makanan Sehat?

7. Hindari paparan matahari lebih lanjut

Agar kulit mengelupas setelah terbakar matahari cepat sembuh, usahakan untuk tidak terkena sinar matahari langsung selama beberapa hari sampai kulit sembuh.

Jika harus keluar rumah, kenakan pakaian yang menutupi kulit dan topi lebar untuk melindungi kulit dari sinar matahari.

Setelah kulit mulai sembuh, gunakan tabir surya dengan SPF tinggi (minimal SPF 30) untuk melindungi kulit dari kerusakan lebih lanjut. Aplikasikan ulang tabir surya setiap dua jam, atau lebih sering jika berkeringat atau setelah berenang. 

Pastikan untuk mengoleskan secara merata ke seluruh area kulit yang mengelupas.

BACA JUGA:Benarkah Sperma Bermanfaat untuk Memuluskan Wajah? Ini Fakta yang Perlu Anda Tahu

8. Jangan mengelupas kulit

Melihat kulit mengelupas setelah terbakar matahari memang rasanya gatal ingin segera dikelupas. Namun, sebaiknya biarkan kulit mengelupas secara alami untuk menghindari infeksi pada luka.

Mengelupas kulit dengan sengaja juga akan meninggalkan bekas luka dan hilangnya cukup lama. Cukup oleskan saja pelembap di area yang terbakar tanpa menggosok kulit terlalu keras.

Saat membersihkan atau mengeringkan kulit, gunakan kain yang lembut dan tepuk-tepuk dengan lembut alih-alih menggosoknya.

9. Kenakan pakaian longgar

Memakai pakaian yang longgar dapat sangat bermanfaat untuk menghindari gesekan dengan kulit yang mengelupas akibat terbakar sinar matahari. Pasalnya, gesekan dapat memperburuk kondisi kulit dan menyebabkan rasa tidak nyaman serta risiko infeksi.

Kategori :