Inilah 5 Tips Agar Transaksi Aman Mobile Banking, Cegah Pembobolan dan Pencurian Data

Rabu 19-06-2024,10:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

Para pelaku kejahatan siber telah mengembangkan teknik dan malware yang sangat canggih, untuk menipu korbannya. Salah satunya melalui email spam yang berkedok promosi penjualan sebuah produk.

Solusinya Anda harus waspada terhadap promosi-promosi yang dikirim lewat email. Jika mencurigakan, maka jangan dibuka. Cara lainnya Anda bisa membuat alamat email yang hanya akan Anda gunakan untuk melakukan transaksi belanja online. Ini akan sangat membatasi jumlah pesan spam yang Anda terima.

4. Gunakan VPN

Gunakan aplikasi VPN, ketika Anda sedang berbelanja online menggunakan WiFi publik. VPN akan mengenkripsi semua data yang ditransfer antara komputer atau perangkat seluler Anda dan server VPN sehingga mencegah upaya peretasan.

Penggunaan VPN sangat penting karena WiFi publik, kerap digunakan penjahat siber untuk melakukan aksinya. Jadi gunakan VPN ketika belanja online, transfer uang dan berbagai transaksi perbankan lainnya.

BACA JUGA:Ini Lho Manfaat Menambahkan Kartu Debit di Aplikasi DANA!

5. Pakai PC atau HP Khusus

Terakhir adalah miliki PC, laptop atau HP khusus untuk transaksi perbankan dan belanja online. Perangkat hanya digunakan untuk transaksi saja dan jangan digunakan untuk yang lainnya seperti mengunduh file, buka aplikasi media sosial atau streaming video.

Dengan menggunakan HP khusus untuk perbankan, maka HP lebih bersih dan bebas dari infeksi virus atau serangan trojan. Hasilnya transaksi perbankan Anda dijamin lebih aman.

Demikian 5 tips aman melakukan transaksi perbankan secara online, baik lewat mobile banking atau internet banking. Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa Anda terapkan, demi menjaga data dan saldo rekening Anda.

6. Aktifkan Fitur Autentikasi Akun

Tips terakhir yang bisa Anda lakukan adalah mengaktifkan fitur autentikasi akun. Dengan mengaktifkan fitur ini agar setiap transaksi hanya bisa dilakukan setelah adanya persetujuan dari Anda melalui One Time Password (OTP).

Mengaktifkan fitur OTP akan membuat hacker sulit meretas akun mobile banking Anda karena tak punya akses langsung. Selain itu verifikasi ini juga akan memberi rasa tenang bagi pengguna.

BACA JUGA:Cobain Nih Aplikasi Bagi2 Duit, Penghasil Saldo DANA Gratis Sungguhan Versi Pengguna

Satu lagi hal yang perlu Anda catat adalah jangan sekali-kali memberikan kode OTP pada orang lain. Pihak perbankan bahkan selalu mengingatkan untuk tidak memberi kode OTP termasuk pada petugas di teller maupun di customer service.

Demikian informasi mengenai tips aman menggunakan mobile banking agar terhindari dari pencurian data dan segala bentuk penipuan. 

Kategori :