Simak 5 Bahan Alami dan Cara Sederhana Mengobati Telinga Budek Sebelah

Jumat 31-05-2024,18:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

Tidak banyak yang mengetahui jika kunyit memiliki manfaat untuk mengobati telinga yang mengalami kebudekan. Manfaat kunyit bagi pendengaran dan proses pengobatan gangguan telinga seperti cara mengobati telinga budek sebelah secara alami berasal dari kandungan bioaktif dan medicinal properties yang membantu otak dan tubuh untuk menjalankan fungsinya dengan baik. 

BACA JUGA:Bumbu Dapur Ini Ternyata Obat Kuat Herbal dan Penambah Stamina Pria, Berikut Penjelasan dr Zaidul Akbar

Selain itu, kunyit juga memiliki banyak kandungan mineral potasium yang berguna dalam menjaga kesehatan telinga. Cara memanfaatkan kunyit cukup sederhana, bubuk kunyit hanya diperlu Anda campurkan dengan minyak wijen, biji mahoni, dan daun iler yang diambil ekstraknya kemudian di campurkan dengan minyak wijen yang sudah dipanaskan. 

Langkah selanjutnya Anda hanya perlu meneteskan bahan yang sudah diolah tadi ke telinga setelah didinginkan. teteskan ke dalam rongga telinga setelah mendingin.

4. Minyak Esensial

Tidak ada yang bisa menyangkal manfaat yang terdapat dalam minyak esensial. Minyak ini diketahui mengandung efek antiinflamasi yang bisa meredakan peradangan karena infeksi di dalam telinga. 

caranya dalah dengan menggabungkan minyak esensial seperti minyak zaitu dengan bawang putih, kemudian simpan selama dua hari. Jika sudah caranya sama dengan penggunaan kunyit, Anda hanya perlu meneteskan racikan minyak ketelinga. 

BACA JUGA:Sayang Untuk Dilewatkan, Inilah 6 Manfaat Kaldu Jamur

4. Kompress Air Hangat/Dingin

Selain menggunakan ramuan rempah untuk diaplikasikan ke sekitar telinga atau dikonsumsi, gangguan pendengaran berupa hilangnya kemampuan untuk mendengar juga bisa diatasi dengan beberapa tindakan penyembuhan. 

Tindakan ini biasanya digunakan untuk mengatasi gangguan budek ringan. Salah satunya adalah dengan mengompres bagian luar telinga menggunakan air hangat atau air dingin.

Meski tidak signifikan, kompres air hangat bisa membut penyebab telinga tidak bisa mendengar dengan baik teratasi. Suhu hangat bisa melebarkan pembuluh darah yang barangkali menjadi alasan kenapa Anda tidak bisa mendengar dengan baik.

Itulah beberapa cara dan bahan alami yang dapat mengobati budeg pada telinga Anda. Mengalami budek atau hilangnya kemampuan mendengar tentu akan sangat mengganggu. 

BACA JUGA:Mengenal Ragam Manfaat Masker Bengkoang untuk Perawatan Kulit Wajah

Dengan memngikuti beberapa cara diatas Ana dapat mengatasi penyakit budek sementara waktu. Namun, ada baiknya Anda berskonsultasi dengan dokter THT jika budek yang Anda alami tidak kunjung sembuh dan tambah parah. 

Kategori :