Intip 5 Dampak Buruk Bermain HP Sebelum Tidur

Selasa 28-05-2024,16:35 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

Ada satu bahaya main HP sebelum tidur yang tak banyak disadari, yakni terganggunya pikiran dan emosi. Dr. Walia bahkan menyebutkan bahwa kebiasaan ini bisa memicu kecemasan sebelum tidur. 

Pikiran bisa terganggu ketika membuka media sosial dan menemukan sesuatu yang membuat Anda sedih, marah, atau tidak nyaman.

Tidur dekat ponsel juga membuat membuat Anda mudah teralihkan, entah oleh bunyi notifikasi, musik yang terhenti, atau karena sebab lain. 

Konten yang merangsang atau menganggu dapat menyebabkan stres, kecemasan, atau kesulitan untuk bersantai sebelum tidur.

BACA JUGA:Dikenal Lezat dan Enak! Ini Dia Manfaat Kacang Tanah untuk Kesehatan

5.  Menurunkan konsentrasi dan fokus

Kualitas tidur yang buruk akibat main HP sebelum tidur juga dapat menurunkan fokus, konsentrasi, daya ingat, hingga daya pikir. Lama-kelamaan, pikiran Anda akan mudah berkabut sehingga lebih sulit bagi Anda untuk mengambil keputusan.

Kebiasaan ini akan mengaanggu konsentrasi karena pada dasarnya waktu malam yang digunakan untuk istirahat malah digunakan untuk bermain HP. Akibatnya kinerja organ tubuh lebih lemah dibandingkan sebelumnya. 

Itulah beberapa bahaya bermain ponsel sebelum tidur. Untuk meminimalisir dampak tersebut, usahakan untuk melepaskan HP dari genggaman setidaknya satu jam sebelum tidur. Kamu bisa mengisi waktumu dengan hal lainnya, seperti membawa buku, mendengarkan musik yang menenangkan, atau melakukan latihan pernapasan.

Kategori :