Intip 5 Dampak Buruk Bermain HP Sebelum Tidur

Selasa 28-05-2024,16:35 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

BENGKULUEKSPRESS.COM - Kebisaan sepele main HP sebelum tidur tampaknya hampir setiap malam dilakukan sebagian orang, padahal kebiasaan ini dapat membawa dampak negatif terhadap kesehatan otak dan kualitas tidur Anda.

Bermain ponsel dapat menjadi aktivitas yang adiktif. Bila sudah memegang ponsel, rasanya sulit untuk berhenti dan menyingkirkan ponsel jauh-jauh. 

Padahal, aktivitas bermain ponsel dapat membuat waktu tidur menjadi tertunda dan waktu tidur menjadi berkurang. Misalnya, penggunaan ponsel dalam waktu lama dapat menyebabkan kerusakan pada mata dalam jangka panjang. 

Sehingga bermain HP sebelum tidur harus kita kurangi mulai sekarang, agar terhindar dari beberapa dampak buruk main hp sebelum tidur berikut ini:

BACA JUGA:Selain Bumbu Masakan, Lada Hitam Ampuh Kontrol Gula Darah!

1. Gangguan Tidur

Waktu tidur pun jadi tertunda dan Anda tidur terlalu malam dari yang direncanakan. Jika masalah ini terjadi berulang-ulang, waktu tidur Anda akan berkurang sehingga kualitas tidur ikut menurun.

Hal ini disebabkan adanya paparan cahaya biru dari layar ponsel, paparan cahaya pada ponsel dapat menganggu produksi meltonin, yaitu  hormon yang mengatur pola tidur. Sehingga hal ini dapat menyebabkan kesulitan tidur atau gangguan tidur.

2. Gangguan Siklus Tidur

Selain dapat mengganggu waktu tidur, bermain HP sebelum tidur, juga dapat menganggu siklus tidurmu. Hal ini dikarenakan  penggunaan HP dapat membuatmu terjaga lebih lama dari yang seharusnya, menganggu ritme tidur alami tubuh.

Saat bermain HP sebelum tidur kamu akan lebih sering begadang dan meunda nunda tidur. Siklus tidur yang biasanya teratur akan menjadi berantakan karena kebiasaan tersebut. 

BACA JUGA:Selamat Datang Kulit Cerah! Begini Cara Mengatasi Wajah Kusam

3. Mata Kering dan Lelah

Bahaya bermain HP sebelum tidur berikutnya yaitu dapat membuat mata menjadi kering dan lelah. Hal ini karena paparan layar HP dalam jangka lama dan kurangnya kedipan saat fokus pada layar.

4. Mengganggu pikiran dan emosi

Kategori :