Bukan Sembarang Kaki, Inilah 5 Manfaat Ceker Ayam untuk Kesehatan Tubuh

Rabu 29-05-2024,08:32 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

Siapa sangka jika ceker ayam ternyata dapat mencegah osteoporosis. Selain dapat mengencangkan kulit, manfaat ceker ayam juga dapat dirasakan bagi kesehatan tulang, yakni mencegah terjadinya osteoporosis. 

Manfaat ini masih diperoleh dari kandungan kolagen serta magnesium dalam ceker ayam yang dapat memperlambat proses penuaan dan pengeroposan tulang, serta membantu regenerasi tulang baru.

BACA JUGA:Melindungi Tubuh dari Berbagai Penyakit, Inilah 6 Manfaat Terong Untuk Kesehatan

4. Mengurangi nyeri sendi

Di samping mencegah pengeroposan tulang, manfaat ceker ayam untuk kesehatan tulang juga dapat mengurangi nyeri sendi yang kerap kali dikeluhkan penderita osteoporosis. Nyeri dapat terjadi oleh proses pengeroposan itu sendiri maupun peradangan yang terjadi karena proses pengeroposan pada tulang.

5. Meringankan gejala sindrom iritasi usus besar

Kolagen dalam ceker ayam juga dapat menjaga kesehatan sistem pencernaan. Pasalnya, kolagen juga merupakan struktur jaringan ikat pada usus. Dengan mengonsumsi kolagen, kesehatan usus pun akan terlindungi.

Manfaat ceker ayam ini terlebih dirasakan oleh penderita sindrom iritasi usus besar (irritable bowel syndrome) yang sering kali mengalami keluhan pada saluran cerna, baik berupa perut kembung, diare, maupun sembelit.

Sebuah penelitian bahkan menunjukkan bahwa mengonsumsi kolagen mampu memgurangi frekuensi perut kembung yang dirasakan oleh penderita IBS.

BACA JUGA:Ganggu Kepercayaan Diri, Simak Penyebab Terjadinya Stretch Mark dan Cara Mencegahnya

Itulah manfaat ceker ayam untuk kesehatan. Untuk mengoptimalkan manfaat ceker ayam, bahan makanan tersebut harus diolah dengan tepat. Salah satunya tidak diolah dengan cara di goreng. Semoga bermanfaat. 

Kategori :