Waspadai Sindrom Ovarium Polikistik, Kenali Penyebab Jerawat di Dagu

Selasa 28-05-2024,18:37 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

3. Penggunaan skincara yang tidak tepat 

Penyabab lain yang dapat memunculkan jerawat pada dagu adalah  penggunaan skincare yang salah atau tidak cocok. Kurang tepat memilih produk skincare dan makeup hingga salah melakukan langkah-langkah membersihkan wajah termasuk penyebab utama munculnya jerawat di daerah dagu. 

Saat kulit wajah kotor, minyak dan noda kotoran yang menempel di wajah bisa mengakibatkan penyumbatan pada pori-pori wajah. Kondisi ini yang memicu timbulnya jerawat.

3. Pola Diet yang Tidak Sehat.

Tak jarang jka diet bisa menjadi salah satu penyebab munculnya jerawat di dagu. Pasalnya melakukan cara diet yang salah dengan asupan makanan yang kurang tepat dapat membuat munculnya jerawat lebih mudah. 

Hal ini dikarenakan makanan yang kamu konsumsi sehari-hari berkaitan dengan perubahan hormon. Penerapan pola hidup yang tidak sehat termasuk pola diet yang kurang tepat punya pengaruh juga dengan munculnya jerawat di area dagu.

BACA JUGA: Brand Lokal! Terbaik! Berikut 10 Parfum Rambut yang Wangi Tahan Lama

4. Sering Menggunakan Masker.

Kebiasaan mengenakan masker sejak pandemi termasuk salah satu penyebab jerawat di dagu yang paling sering terjadi. Apalagi kalau kamu sering menggunakan makeup dan lupa mengganti masker.

Saking lamanya makeup menempel disertai dengan udara lembap pada masker membuat bakteri penyebab jerawat semakin berkembang. Biasanya, jenis jerawat mask acne atau yang biasa disebut maskne muncul di dagu dan bentuknya kecil-kecil berwarna kemerahan.

5. Sindrom Ovarium Polikistik (PCOS)

Jerawat di dagu atau rahang dapat berfluktuasi dengan periode bulanan. Beberapa wanita menghasilkan lebih banyak androgen daripada yang lain. Peningkatan produksi androgen dapat menjadi hasil dari kondisi seperti sindrom ovarium polikistik (PCOS).

BACA JUGA:Dianggap Jorok! Ternyata Cacing Tanah Punya Manfaat untuk Lingkungan dan Kesehatan

Itulah penyebab munculnya jerawat di dagu. Untuk jerawat di daerah dagu yang kondisinya masih tergolong ringan, kamu bisa menerapkan pola hidup sehat sekaligus menghindari kebiasaan-kebiasaan yang memperparah kondisi jerawat. 

Kategori :