Simak 5 Manfaat Kacang Kedelai untuk Kesehatan

Selasa 28-05-2024,11:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

3. Menurunkan kolesterol

Manfaatlain dari kacang kedelai adalah dapat mengontrol kolesterol dalam darah. Kedelai memiliki kemampuan untuk mengontrol kadar lemak darah darah. Kandungan asam lemak tak jenuh dalam kedelai dapat membantu menurunkan kadar trigliserida dalam darah. 

BACA JUGA:Kenali 7 Gejala Jantung Lemah, Mendengkur Salah Satunya

Kandungan protein dan saponin juga dipercaya dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Hal ini masih baru dibuktikan melalui penelitian pada hewan, sehingga masih harus diuji kembali efektivitasnya pada manusia.

Beberapa penelitian menyatakan bahwa kacang kedelai dapat mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). Hal ini dikarenakan kacang kedelai memiliki kandungan serat dan lemak sehat yang tinggi, sehingga mampu mencegah penyakit jantung dan stroke.

4. Mengurangi risiko kanker

Salah satu manfaat kacang kedelai yang juga cukup penting yaitu mengurangi risiko terjadinya kanker. Hal ini berkat kandungan fitonutrien dan antioksidan isoflavon yang banyak terdapat di dalam kacang kedelai. 

Kedua zat tersebut diketahui baik untuk mencegah beberapa jenis kanker, misalnya kanker payudara dan kanker prostat. Oleh karena itu, konsumsi Kacang kedelai secara rutin juga diketahui dapat menurunkan risiko kanker prostat pada pria dan kanker payudara pada wanita.

BACA JUGA:Kenali 8 Manfaat Asam Jawa Untuk Kesehatan Tubuh

5. Memelihara kesehatan organ tubuh

Tingginya kandungan kalium, protein, lemak sehat, antioksidan, dan serat menjadikan kacang kedelai sebagai salah satu pilihan makanan yang baik untuk menjaga kesehatan jantung.

Berkat kandungan nutrisi tersebut, kacang kedelai bermanfaat untuk mengontrol tekanan darah dan mencegah penyumbatan di pembuluh darah (aterosklerosis).

Tak hanya baik untuk jantung, kacang kedelai juga baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan organ lain, seperti otak dan ginjal, dan memastikan organ tersebut berfungsi dengan baik.

Itulah manfaat kacang kedelai untuk kesehatan. Untuk mendapatkan beragam manfaat kacang kedelai di atas, konsumsilah kacang kedelai dengan tidak berlebihan dan memerhatikan asupan makanan lainnya.

Kategori :