Suka Dikonsumsi Sebagai Minuman Herbal, Inilah 6 Manfaat Kayu Secang untuk Kesehatan

Senin 20-05-2024,15:38 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

Beberapa riset juga menunjukkan bahwa ekstrak kayu secang bermanfaat untuk meredakan nyeri akibat peradangan. Meski demikian, manfaat kayu secang tersebut masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

4. Mencegah risiko terkena tumor 

Salah satu manfaat dari jenis kayu ini yang sudah banyak diteliti adalah sifat antitumornya. Ekstrak air dari kayu batang secang dengan tambahan 50% etanol dilaporkan menghambat perkembangan sel tumor pada tikus lab.

Tumor adalah perkembangan jaringan sel yang tidak normal. Tumor ada yang bersifat jinak, tapi ada juga yang ganas dan bersifat kanker.

BACA JUGA:Siamk 5 Bahan Alami Menghilangkan Bekas Jerawat Serta Cara Pengaplikasiannya

5. Mengatasi jerawat

Salah satu faktor penyebab timbulnya jerawat adalah infeksi bakteri Propionibacterium acnes yang dapat menimbulkan peradangan pada kulit. Kayu secang dianggap mampu membunuh bakteri penyebab jerawat tersebut dan meredakan peradangan.

Semua itu berkat kandungan senyawa antijerawat, antibakteri, dan antiradang di dalam kayu secang.

6. Mencegah kerusakan sel

Kayu secang merupakan salah satu tanaman herba yang mengandung antioksidan, seperti flavonoid, polifenol, dan brazilin.

Kandungan antioksidan tersebut dapat mencegah kerusakan sel-sel tubuh akibat efek radikal bebas. Antioksidan juga diketahui berperan dalam menurunkan risiko terjadinya penyakit tertentu, misalnya diabetes tipe 2 dan kanker.

BACA JUGA:Ampuh Obati Rematik, Intip 5 Manfaat Kumis Kucing yang Sayang untuk Dilewatkan

Itulah manfaat kayu secang untuk kesehatan. Meskipun termasuk pengobatan alami, disarankan untuk tidak mengonsumsi konsumsi kayu secang bersamaan dengan obat-obatan medis guna mencegah terjadinya efek interaksi obat. Semoga bermanfaat. 

Kategori :