Kenali 10 Manfaat Daun Sembung untuk Kesehatan

Senin 13-05-2024,17:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

Dikutip hallosehat.com khasiat daun sembung dalam mengobati batu ginjal sudah terbukti melalui studi yang diterbitkan pada jurnal Asian Journal of Urology.

Menurut studi tersebut, ekstrak daun Blumea balsamifera ditemukan dapat membantu mengecilkan ukuran kristal kalsium oksalat serta mencegah pembentukannya. Adapun hal tersebut dapat mempermudah tubuh untuk menghilangkan batu ginjal Anda.

6. Menurunkan demam

Jika Anda atau anak Anda demam, menggunakan daun sembung mungkin bisa membantu menurunkan panas tubuhnya.

Khasiat ini bisa didapat berkat ekstrak methanol yang didapat dari daun ini yang diyakini dapat menurunkan suhu tubuh.

BACA JUGA:Jarang Diketahui, Inilah 7 Manfaat Buah Dewandaru untuk Kesehatan

7. Mempercepat penyembuhan luka

Penelitian yang dilakukan pada tikus didapatkan fakta bahwa daun Blumea balsamifera dapat membantu mempercepat proses penyembuhan luka eksisi di kulit.

Luka eksisi adalah jenis luka yang terjadi karena terpotongnya jaringan oleh benda yang tajam. Khasiat ini bisa didapat berkat kandungan total flavonoid yang ada di dalamnya.

Glikosida flavonoid dalam daun ini disebut memiliki efek terapeutik dalam menyembuhkan luka dengan menginduksi neovaskularisasi. Sementara asam klorogenat bersifat anti-inflamasi (antiperadangan).

8. Mengurangi nyeri haid

Manfaat daun sembung lainnya yang sudah sering digunakan, yaitu untuk mengurangi nyeri haid pada wanita.

Efek anti-inflamasi yang dimiliki daun ini diyakini dapat membantu mengurangi peradangan yang terkait dengan rasa nyeri tersebut.

Selain itu, daun yang satu ini pun disebut dapat membantu mengatasi masalah menstruasi lainnya, seperti haid tidak teratur atau perdarahan haid yang berlebihan (menorrhagia).

BACA JUGA:Kenali Ciri Stres Berat secara Fisik dan Psikologis Serta Dampaknya untuk Kesehatan

9. Mengobati rematik

Kategori :

Terkait