Tertarik dengan Bisnis Franchise? Ini Pilihan yang Cocok untuk Pemula

Selasa 13-02-2024,14:30 WIB
Reporter : Nunasa
Editor : Rajman Azhar

BENGKULUEKSPRESS.COM - Bisnis franchise adalah pilihan yang menarik bagi para pemula yang ingin memulai usaha mereka sendiri dengan dukungan dari merek yang sudah terbukti.

Namun, memilih jenis bisnis franchise yang tepat sangat penting untuk kesuksesan jangka panjang. Berikut adalah beberapa jenis bisnis franchise yang cocok untuk pemula:

1. Makanan Cepat Saji

Restoran cepat saji adalah salah satu jenis bisnis franchise yang paling populer. Makanan cepat saji memiliki pangsa pasar yang besar dan pelanggan setia. 

BACA JUGA:CEO GoTo Ungkap Alasan dan Manfaat Penjualan Saham Tokopedia ke TikTok

Franchise makanan cepat saji terkenal seperti McDonald's, KFC, dan Burger King menawarkan model bisnis yang teruji dengan sistem operasi yang terorganisir dengan baik.

Bagi pemula, investasi dalam bisnis makanan cepat saji dapat menjadi pilihan yang menjanjikan karena dukungan pelatihan dan pemasaran yang biasanya disediakan oleh franchisor.

2. Minimarket dan Toko Ritel

Ini adalah pilihan lain yang populer untuk pemula. Bisnis ini menawarkan berbagai produk sehari-hari yang dibutuhkan oleh konsumen, seperti makanan, minuman, dan barang kebutuhan rumah tangga. Franchise seperti 7-Eleven, Indomaret, dan Alfamart adalah contoh yang sukses dalam industri ini.

BACA JUGA:Kolaborasi TikTok dan Tokopedia, Fasilitasi Pinjaman Modal Usaha untuk Pelaku UMKM Batik

Keuntungan dari bisnis ini adalah adanya permintaan yang stabil dan model bisnis yang relatif mudah dipelajari oleh pemula.

3. Jasa Pembersihan dan Perawatan Rumah

Franchise di bidang jasa pembersihan dan perawatan rumah juga menawarkan peluang yang menarik bagi pemula. Layanan seperti pembersihan rumah, laundry, dan perawatan kebun semakin diminati oleh masyarakat yang sibuk.

Franchise seperti The Cleaning Authority, Molly Maid, dan Chem-Dry menawarkan model bisnis yang relatif sederhana dengan biaya modal awal yang terjangkau. Bisnis ini juga menawarkan fleksibilitas yang tinggi dalam hal waktu dan lokasi operasi.

BACA JUGA:Berdampak Baik untuk UMKM di Indonesia, Ini Eksistensi Tiktok x Tokopedia

Kategori :