Rumah Adat Baloy, Destinasi Wisata Ikonik Khas Kalimantan Utara

Selasa 12-12-2023,11:06 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

BACA JUGA:Dago Bakery Punclut, Nuansa Wisata Kuliner ALa Kerajaan di Bandung

Rumah adat Kalimantan Utara ini tentunya memiliki keunikan serta ciri khas yang juga mengandung banyak nilai filosofis. Hal inilah yang membuat rumah adat ini menjadi salah satu warisan budaya yang harus dijaga serta dilestarikan.

Rumah adat Baloy menggambarkan kehidupan masyarakat dari suku Tidung. Selain itu ruangan yang ada di dalam rumah Baloy memiliki fungsi yang sangat berkaitan erat dengan aktivitas kehidupan sosial pada masyarakat.  

Di mana menunjukkan bahwa masyarakat Tidung merupakan masyarakat yang berjiwa sosial dan mengutamakan musyawarah untuk menyelesaikan segala masalah. Ciri khas rumah adat Kalimantan Utara ini selanjutnya dalah letak bangunan yang menghadap ke bagian utara. 

Pintu utamanya yang menghadap ke arah selatan. Rumah Baloy memiliki pembagian ruangan yang juga disebut dengan Ambir. Pada bagian Ambir terdapat 4 ruangan dengan fungsi yang berbeda beda untuk setiap ruangannya diantaranya sebagai berkut; 

1. Ambir Kiri ( Alad Kait ) 

Ambir Kiri difungsikan sebagai tempat untuk menerima mayarakat yang sedang mengadukan masalah maupun masalah adat. Para tetua adat serta yang berkaitan dengan masalah tersebut akan berkumpul di Ambir Kiri.

Ambir kiri ini juga dikenal sebagi Alat Kaid untuk masyarakat. Setelah itu barulah menuju Ambir Tengah. Ambir Tengah merupakan ruangan yang digunakan oleh pemuka adat untuk memutuskan perkara atau sidang.

2. Ambir Tengah ( Lamin Bantong ) 

Ruangan yang juga disebut sebagai Lamin Bantong ini juga sangat luas dan cocok dijadikan lokasi musyawarah. Selanjutnya merupakan Ambir Kanan yang memang lokasinya berada di sisi kanan rumah adat Kalimantan Utara.

3. Ambir Kanan ( Ulat Temagot )

Ruangan yang juga disebut sebagai Ulada Kemagot ini memiliki fungsi sebagai tempat untuk istirahat. 

4.  Lamin Dalom,

Lamin Dalom adalah singgasana Kepala Adat Besar Dayak Tidung. Pada bagian belakang Rumah Baloy ini, ada bangunan yang dibuat di tengah-tengah kolam yang disebut dengan Lubung Kilong.

Di belakang Lubung Kilong ini, ada lagi sebuah bangunan besar yang diberi nama Lubung Intamu, yaitu tempat pertemuan masyarakat adat yang lebih besar. Seperti acara pelantikan (pentabalan) pemangku adat atau untuk acara musyawarah masyarakat adat di Kalimantan.

Jika mengunjungi rumah adat Baloy sebaiknya kamu berkunjung dibulan Desember karena terdapat upacara adat yang dilakukan suku Tidung yakni upacara Iraw Tengkayu

Kategori :